Pemkab Garut Siapkan Seribu Lebih Vaksinator untuk 1,8 Juta Warga 

Pemkab Garut Siapkan Seribu Lebih Vaksinator untuk 1,8 Juta Warga 
Foto: Zainulmukhtar



INILAH, Garut - Pemkab Garut menyiapkan sebanyak seribu lebih vaksinator untuk melayani sekitar 1,8 juta jiwa dari 2,7 jiwa total penduduk Kabupaten Garut. Pemkab Garut bahkan sanggup melaksanakan 15 ribu vaksinasi dalam sehari di 42 kecamatan se-Kabupaten Garut. 

Hal itu dikemukakan Bupati Garut Rudy Gunawan usai memantau pelaksanaan vaksinasi tahap kedua bagi lansia jemaat gereja, klenteng dan vihara, di wilayah Kabupaten Garut di aula SD Kristen Dharma Bakti Gereja Kristen Pasundan Jalan Bratayudha 46 Kelurahan Regol Kecamatan Garut Kota, Rabu (19/5/2021).

Menurutnya, kegiatan vaksinasi gencar dilakukan Pemkab Garut sebagai bentuk keseriusan Kabupaten Garut  memberikan perlindungan kepada masyarakat, khususnya lansia, dari Covid-19.


Vaksinasi juga akan dilakukan sampai rumah masyarakat dengan cara menghubungi pihak puskesmas setempat terlebih dahulu. Petugas dari puskesmas pun akan mendatangi warga di rumahnya, untuk kemudian melakukan vaksinasi, setelah sebelumnya dilakukan observasi pasien.

"Ini sebagai tanggung jawab saya sebagai bupati memberikan perlindungan kepada masyarakat," katanya.

Rudy menyebutkan, imun akan terbentuk setelah dilakukan vaksinasi. Rudy sendiri mengklaim sudah memiliki imun akan Covid-19 setelah dua bulan divaksin tahap dua. 

"Saya sudah dua bulan divaksin yang kedua. Kemarin, dicek. Ternyata imunnya sudah masuk. Jadi, saat ini, saya sudah punya imun," yakin Rudy.

Untuk itu pula, dia menyarankan para jemaat lansia agar melakukan pemeriksaan di laboratorium dua bulan setelah divaksin. Hal itu diperlukan untuk mengetahui terbentuk atau tidaknya imun/antibodi di dalam tubuh pascavaksinasi.

"Nanti, kalau Bapak-bapak, Ibu-ibu sudah dua bulan (divaksin), Bapak, Ibu periksakan ke lab. Itu harganya 200 ribu (rupiah) untuk memastikan bahwa vaksin ini telah membentuk antibody di kita. Jadi, alhamdulillah, kemarin, secara acak. Siapapun diacak, alhamdulillah, di Garut vaksinasi itu memberikan dampak positif," kata Rudy yang juga Ketua Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Garut.

Pada vaksinasi tahap kedua untuk lansia hari itu disediakan 750 dosis vaksin jenis sinovac. Kegiatan diselenggarakan gabungan jemaat gereja, klenteng dan vihara di wilayah Garut dengan pihak Dinas Kesehatan Kabupaten Garut.

Pada bagian lain, Koordinator Komunikasi Publik/Humas Muksin menambahkan, hingga saat ini, jumlah penduduk Garut sudah divaksin mencapai sebanyak 96.000 orang. Baik yang baru divaksin tahap satu maupun sudah divaksin tahap dua. (Zainulmukhtar)