Cigudeg Banjir, 1.041 Jiwa Terdampak 

Cigudeg Banjir, 1.041 Jiwa Terdampak 
Foto: Reza Zurifwan



INILAH, Cigudeg - Sebanyak 1.041 jiwa terdampak banjir bandang yang terjadi pada Senin (17/5/2021) malam kemarin. Banjir menggenangi enam desa di Kecamatan Cigudeg, Kabupaten Bogor.

"Dari kejadian bencana alam banjir di enam desa di Kecamatan Cigudeg, 1.041 jiwa warganya terdampak karena rumah mereka terendam air dan juga lumpur," ujar Sekretaris Badan Penangulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bogor Budi Pranowo, Selasa (18/5/2021).

Dia menambahkan. walaupun ratusan unit rumah warga terendam air dan lumpur, namun tidak ada kerusakan yang berarti.


"Kalau rumah tidak ada yang rusak sedang atau berat, mungkin yang banyak rusak ialah perabotan rumah tangga atau furnitur. Saat ini kami masih dalam tahap pendataan," tambahnya.

Dari enam desa terdampak bencana alam banjir, Desa Rengas Jajar yang lokasinya sangat dekat dengan Sungai Cidangder merupakan yang terparah dibanding lokasi terdampak bencana alam banjir ini.

"Lokasi paling terdampak bencana alam banjir di Kampung Kedaung RT 01,02,04 RW 15 dan RT 02 RW 14 di Desa Rengas Jajar, dengan jumlah jiwa terdampak 185 dan 170 jiwa. Bencana alam banjir ini yang kesekiqn kali terjadi pasca banjir bandang pada awal Januari Tahun 2020 lalu," tutur Budi.

Dia menjelaskan, musabab Kampung Kedaung Desa Rengas Jajar paling terdampak bencana alam karena adanya tanggul yang jebol akibat meluapnya Sungai Cidangder.

"Kejadian kemarin malan itu akibat hujan deras yang cukup lama sehingga mengakibatkan meluapnya air Sungai Cidangder sehingga membuat tanggul  sepanjang kurang lebih 5,2 meter dengan tinggi 1 meter jebol. Untuk kebutuhan makanan, sudah disupport oleh Dinas Sosial dan saat ini masyarakat terdampak bencana alim banjir masih membutuhkan air bersih untuk keperluan makan, mandi atau mencuci," jelasnya. (Reza Zurifwan)