Tahun Ini Pemkab Cirebon Dapatkan Ribuan Kuota PPPK dan CPNS 

Tahun Ini Pemkab Cirebon Dapatkan Ribuan Kuota PPPK dan CPNS 
Foto: Maman Suharman



INILAH, Cirebon - Pemkab Cirebon akhirnya mendapatkan jatah kuota kebutuhan aparatur sipil negara (ASN) pada 2021. Jumlahnya mencapai 4.338 orang. Hal itu tercantum dalan Keputusan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) Nomor 505 tahun 2021. Isinya, tentang penetapan kebutuhan pegawai di lingkungan Pemkab Cirebon dan sudah ditetapkan 21 April lalu.

Demikian dikatakan Bupati Cirebon Imron, Selasa (18/5/2021). Menurutnya, kebutuhan ASN sebanyak 4.338 orang itu terdiri dari tenaga guru sebanyak 4.157 orang. Namun, dalam kategori status Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK). Lalu tenaga kesehatan sebanyak 123 orang, terdiri dari 33 CPNS dan 90 PPPK, serta bagi CPNS tenaga teknis sebanyak 58 orang.

"Jumlah kuota CPNS sebanyak itu langsung dari Kemenpan. Ini peluang yang sangat bagus di Kabupaten Cirebon," kata Imron.


Sementara itu, Kepala Badan Kepegawaian, Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Cirebon Iis Krisnandar menuturkan untuk posisi CPNS bagi tenaga teknis ada di beberapa dinas. Tercatat ada  Dinas Ketenagakerjaan, Dinas Komunikasi dan Informatika, Dinas Pertanian, Dinas Perdagangan, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Dinas Perhubungan, Dinas Kearsipan, dan Dinas Pengendalian Penduduk.

"Jadwal pengumuman seleksi pada 30 Mei-14 Juni, pendaftaran seleksi 31 Mei-21 Juni, seleksi hasil administrasi pengumuman hasilnya 1-30 Juni, masa sanggah 1-11 Juli, pelaksanaan SKD CPNS Juli-September," ungkap Iis.

Iis melanjutkan, seleksi kompetensi PPPK Guru menggunakan Computer Basic Test (CBT) dari Kemendikbud. Tes pertama akan diselenggarakan pada Agustus. Sementara tes kedua, pada Oktober dan tes ketiga pada Desember. Sedangkan untuk pelaksanaan SKB, akan diselenggarakan pada September-Oktober. Lalu pengumuman akhir dan masa sanggah, pada November dan penetapan NIP CPNS/Non Induk PPPK pada Desember.

"Dibandingkan daerah lainnnya, untuk raihan kuota PPPK dan CPNS alhamdulillah Pemkab Cirebon terbanyak di wilayah Ciayumajakuning (Cirebon, Indramayu, Majalengka, dan Kuningan)," ucapnya.

Iis menambahkan, sesuai dengan Data Pokok Pendidikan (Dapodik) jumlah guru honorer di Kabupaten Cirebon kurang lebih sebanyak 7 ribu orang. Sementara pada pelaksanaan seleksi PPPK tahun ini, pihaknya mendapatkan kuota sebanyak 4.157 orang.

"Semakin lama usia dan masa bakti dan sudah memiliki sertifikasi guru dan sudah terdaftar di dapodik yang berstatus honorer akan lebih diperhatikan dalam penerimaan PPPK tahun ini," tukasnya. (Maman Suharman)