Erick Thohir Dorong MES Jadi Lokomotif bagi Usaha Syariah Mikro

Erick Thohir Dorong MES Jadi Lokomotif bagi Usaha Syariah Mikro
Menteri Badan Usaha Milik Negara sekaligus Ketua Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) Erick Thohir. (antara)



INILAH, Jakarta - Menteri Badan Usaha Milik Negara sekaligus Ketua Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) Erick Thohir mendorong MES untuk menjadi lokomotif bagi usaha syariah  mikro.

Erick mengatakan pada hari pertama kerja pascamomen Lebaran, MES langsung menggelar kegiatan yang mendorong pemulihan dan perkembangan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) sektor kreatif dan pariwisata.

"Hal ini juga selaras dengan arahan bapak Wapres yang juga Ketua Dewan Pembina MES, beliau mendorong bagaimana kita di MES bisa menjadi lokomotif bagi usaha syariah yang mikro menjadi bagian mata rantai industri halal nasional maupun internasional dan tentu memanfaatkan perkembangan yang tidak kalah pentingnya yakni teknologi digital yang saat ini menjadi bagian penting," ujar Erick dalam pembukaan Eid Al Fitr Creative and Tourism Expo (ECTEXPO) 2021 secara virtual di Jakarta, Senin.


Dia juga menyampaikan bahwa emua pihak terus memberikan perhatian kepada UMKM yang merupakan tulang punggung perekonomian nasional, terutama di sektor ekonomi kreatif dan pariwisata, mengingat hal ini menjadi bagian semua pihak tidak hanya tugas pemerintah melainkan juga pihak swasta, MES dan BUMN.

"Berbagai bisnis dan produk yang sukses harus berkelanjutan dan relevan di masa pandemi saat ini, apalagi nanti pascapandemi berubah lagi kehidupan yang kita harus antisipasi. Mulai dari bisnis makanan sampai dengan aplikasi pemesanan tiket dan hotel sehingga walaupun pandemi ini penuh tantangan, saya sangat berharap dan mengajak seluruh pelaku usaha ekosistem MES untuk tidak hanya fokus bagaimana bisnis bertahan namun tentu bisa berkembang," kata Erick.

Kendati demikian, ujar dia, harus terdapat penyesuaian dengan pasaran produk yang kreatif dan mampu membuat pengalaman pariwisata yang tentu saat ini mengalami tantangan dan juga bagaimana kebutuhan konsumen bisa diadaptasikan untuk saat ini maupun ke depan.

"Saya berharap pameran virtual ECTEXPO 2021 ini menjadi salah satu dukungan MES sebagai wadah yang efektif bagi pelaku bisnis dan mempromosikan produk lokal yang halal, berkualitas, juga kesempatan dan pemicu untuk menemukan tantangan serta kebutuhan konsumen agar menjadi peluang baru," kata Menteri BUMN tersebut.

Selain itu Erick juga berharap ECTEXPO 2021 dapat mendorong daya saing, rasa bangga terhadap karya anak bangsa. (antara)