Hari Ketiga Lebaran, Objek Wisata di Garut Diserbu Pengunjung

Hari Ketiga Lebaran, Objek Wisata di Garut Diserbu Pengunjung
Foto: Zainulmukhtar



INILAH, Garut- Sejumlah obyek wisata di Kabupaten Garut, khususnya kawasan pantai selatan Garut, pada hari ketiga Idul Fitri 1442 Hijriyah/2021 Masehi, Sabtu (16/5/2021), mengalami lonjakan pengunjung.

Situasinya sangat kontras dengan hari H lebaran dan hari kedua. Hampir seluruh obyek wisata yang ada di Kabupaten Garut dalam dua hari itu sepi. Jumlah pengunjung yang datang masih dapat dihitung dengan jari.  

Pada ruas lintas jalan jalur Cisompet-Pameungpeuk sempat terjadi antrian panjang kendaraan berbagai jenis. Antrian kendaraan mengular mulai daerah Gunung Gelap Cihurip yang mengalami penyempitan ruas jalan. Sehingga petugas memberlakukan sistem buka tutup untuk memperlancar arus lalu lintas kendaraan. 


Begitu pun ruas lintas jalan arah ke sejumlah obyek wisata pantai arah Cibalong-Pameungpeuk-Cikelet mengalami kemacetan. 

Sampai-sampai di pertigaan Simpang Cigadog Pameungpeuk-Cibalong, petugas menyetop kendaraan-kendaraan yang datang kemudian dan menyuruh mereka berputar balik sebagai upaya agar tidak terjadi penumpukan kendaraan pengunjung lebih parah. 

Beberapa kawasan obyek wisata favorit di pantai selatan, seperti pantai Sayangheulang Kecamatan Pameungpeuk, pantai Santolo dan pantai Taman Manalusu Kecamatan Cikelet, dan pantai Cijeruk Indah Kecamatan Cibalong dipenuhi pengunjung berbagai kalangan dari berbagai daerah yang datang dengan kendaraan beragam jenis. Baik roda empat maupun roda dua. 

Tak ayal, sejumlah pelanggaran protokol kesehatan pun tak terhindarkan. Selain banyak di antara pengunjung tak bermasker, atau mengenakannya dengan asal-asalan, mereka juga terkesan tak lagi peduli dengan penjagaan jarak. Larut dalam suasana suka cita menikmati keindahan pantai selatan.

Suasana kemacetan kendaraan serta keramaian pengunjung di kawasan wisata pantai selatan Garut itu viral di antara grup-grup whatsapp, dan mengundang beragam komentar. 

Namun begitu, kendati membeludak, Camat Caringin Rivan Mulyadi memastikan kunjungan wisatawan ke obyek wisata di daerahnya di pantai Rancabuaya aman.  

"Insya Alloh aman. Kita lakukan penyekatan saja. Karena yang lain tutup, jadi kemarin itu (pengunjung) membeludak," ujarnya.

Sejumlah obyek wisata lain juga mengalami tren kenaikan pengunjung selepas hari H Idul Fitri. Namun lonjakan pengunjung tersebut tak seramai ke kawasan wisata pantai selatan Garut.

"Hari H (Idul Fitri), pengunjung enggak terlalu banyak. Tapi di hari kedua dan ketiga, jumlah pengunjungnya terus bertambah," kata Manajer Taman Satwa Cikembulan Kecamatan Kadungora Rudy Arifin. 

Dia pun menegaskan, pihaknya menerapkan protokol kesehatan ketat pada pengunjung yang datang ke Taman Satwa Cikembulan. Hal itu dilakukan sejak dibolehkannya aktivitas wisata dalam masa pandemi Covid-19 pada 2020 lalu.(zainulmukhtar)