Liga Belanda: Perebutan di Pekan Pemungkas

Liga Belanda: Perebutan di Pekan Pemungkas
Ilustrasi (antara)



INILAH, Bandung - Liga Belanda akan melangsungkan rangkaian pertandingan pekan pemungkas pada Minggu pukul 19.30 WIB.

Ajax sudah mengantungi gelar juara Eredivisie Liga Belanda sejak dua pekan yang lalu. Lantas VVV Venlo dan ADO Den Haag sudah dipastikan jadi dua tim yang terkena degradasi otomatis ke Divisi Eerste tengah pekan kemarin.

Sedangkan Vitesse Arnhem sudah dipastikan memperoleh satu tiket babak ketiga kualifikasi Liga Conference, kompetisi kasta ketiga Eropa yang mulai bergulir musim depan.


Sementara itu tiga tim yakni Feyenoord, Utrecht dan Groningen sudah memesan satu tempat dalam fase playoff perebutan tiket babak kedua kualifikasi Liga Conference.

Agaknya tinggal sedikit yang diperebutkan dalam pekan pemungkas Liga Belanda musim ini.

PSV Eindhoven dalam posisi diunggulkan untuk memperoleh tiket babak kedua kualifikasi Liga Champions musim depan dan membutuhkan hanya hasil imbang saat bertandang ke markas Utrecht untuk memastikan hal tersebut.

Laga lain antara AZ Alkmaar melawan Heracles Almelo di Stadion AFAS sama-sama menentukan bagi kedua tim.

Secara matematis AZ masih bisa menggusur PSV dari posisi kedua atau merebut tiket kualifikasi Liga Champions, tapi ada banyak syarat yang harus terpenuhi.

PSV harus kalah dari Utrecht dan di waktu bersamaan AZ mengalahkan Heracles dengan margin kemenangan amat sangat telak, demi mengejar selisih 10 gol.

Heracles sendiri masih berebut satu tempat di fase playoff perebutan tiket kualifikasi Liga Conference bersama Sparta Rotterdam dan Fortuna Sittard.

Sparta memimpin di posisi kedelapan dengan 44 poin dan selisih gol impas, diikuti Heracles yang punya 44 poin dan defisit enam gol serta Fortuna 41 poin dan defisit tujuh gol.

Sparta akan melawat ke markas Heerenveen dalam laga pemungkas.

Pertarungan lain terjadi di papan bawah di mana Willem II dan Emmen berusaha menghindari ancaman terlibat dalam playoff promosi-degradasi.

Willem yang ada di urutan ke-15 dengan 28 poin akan menjamu Fortuna, sedangkan Emmen yang berada satu poin dan satu strip di bawahnya bakal menghadapi VVV.

Berikut jadwal pekan pemungkas Liga Belanda 2020/21 yang bakal dilangsungkan serempak pada Minggu (16/5) mulai pukul 19.30 WIB (tuan rumah disebut pertama):

Vitesse Arnhem vs Ajax

VVV Venlo vs Emmen

PEC Zwolle vs Groningen

Feyenoord vs RKC Waalwijk

Utrecht vs PSV Eindhoven

Heerenveen vs Sparta Rotterdam

Twente vs ADO Den Haag

AZ Alkmaar vs Heracles Almelo

Willem II vs Fortuna Sittard

(antara)