Dua Mahasiswa Unpad Terpilih Sebagai Ajudan Milenial Ridwan Kamil

Dua Mahasiswa Unpad Terpilih Sebagai Ajudan Milenial Ridwan Kamil
istimewa



INILAH, Bandung - Dua mahasiswa Universitas Padjadjaran (Unpad) yakni Rohandi (Fakultas Peternakan) dan Ayumi Yuliani (Fakultas Kedokteran Gigi) terpilih sebagai bagian dari program Ajudan Milenial Gubernur Jabar Future Leaders Batch 3 2021.

“Ini adalah program dari Dinas Pemuda dan Olahraga Jabar untuk milenial agar mereka tahu bagaimana proses kepemimpinan dari Pak Gubernur Ridwan Kamil,” ujar Rohandi, Sabtu (15/5/2021).

Rohandi dan Yumi bersama 20 finalis terpilih lainnya akan berkesempatan mendampingi Ridwan Kamil saat melakukan kunjungan kerja selama setahun, layaknya seorang ajudan pribadi. Setiap finalis akan dijadwalkan untuk menjadi ajudan yang bertugas mendampingi Ridwan Kamil berkegiatan.


Untuk bisa menjadi ajudan, ada dua tahapan seleksi yang dilakukan. Di tahap pertama, setiap peserta diwajibkan mengirimkan esai bertema “Apa Mimpi Kita untuk Jabar dan Indonesia” serta mengunggah video profil berdurasi 1 menit di akun Instagram masing-masing.

Di tahap pertama ini, Rohandi dan Yumi harus bersaing dengan sekira 11 ribu peserta dari berbagai wilayah di Indonesia. Di tahap pertama, panitia hanya menjaring 50 peserta terpilih untuk melaju ke seleksi berikutnya.

“Waktu pengumuman tahap I, saya sudah bangga banget masuk 50 besar. Saya gak ingin menyia-nyiakan,” ujar Rohandi.

Mahasiswa asal Kabupaten Cirebon ini menuturkan, pada seleksi tahap II, keduanya menjalani serangkaian tes, antara lain tes psikologi, tes fisik, hingga wawancara. Dari 50 besar, panitia mengumumkan 22 nama yang lolos mengikuti program Ajudan Milenial Gubernur Jabar Future Leaders Batch 3 tahun 2021 pada Jumat (7/5/2021) lalu.

Tidak sekadar mendampingi Ridwan Kamil, peserta juga didorong untuk mempelajari bagaimana proses kepemimpinan orang nomor satu di Jawa Barat tersebut dalam hal pengambilan keputusan hingga melaksanakan kebijakan.

“Harapannya, kita bisa menjadi pemimpin masa depan Jawa Barat,” tambah Rohandi.

Sebelum terjun ke lapangan, peserta terlebih dahulu mengikuti sejumlah pelatihan sembari menjaga kesehatan.

“Saya juga mulai menggali wawasan terkait program dan kebijakan di Jabar seperti apa, serta apa yang kira-kira akan saya tawarkan dan pelajari dari beliau (Ridwan Kamil),” kata Rohandi. (Okky Adiana)