Arus Balik, Polres Cimahi Siapkan Ribuan Rapid Test Antigen

Arus Balik, Polres Cimahi Siapkan Ribuan Rapid Test Antigen
Foto: Ahmad Sayuti



INILAH, Bandung - Menghadapi arus balik, Sat Lantas Polres Cimahi menggandeng Dinas Kesehatan (Dinkes) Cimahi menyiapkan 2.000 rapid test antigen untuk menyasar pemudik Lebaran 2021.

Rapid tes antigen mulai dilaksanakan pada Sabtu (15/5/2021) di rest area Tol Purbaleunyi KM 125, Kelurahan Cibeber, Kecamatan Cimahi Selatan, Kota Cimahi.

Dari pantauan, para pengendara mobil berpelat luar Bandung Raya diarahkan ke rest area dan diminta surat keterangan sehat. Mereka yang tidak bisa menunjukan surat tersebut langsung diarahkan menuju tenda pemeriksaan rapid test antigen.


“Warga yang kemarin berhasil mudik, saat arus balik ini kami stop dan ditanyakan surat sehat. Jika tidak ada, kami suruh rapi test antigen," kata Kasatlantas Polres Cimahi AKP Sudirianto di lokasi pemeriksaan.

Rapid test antigen akan dilaksanakan selama arus balik hingga 24 Mei 2021. Pihaknya pun memprediksi pengendara yang melintas saat arus balik ini akan terjadi  peningkatan dalam dua hari kedepan.

“Ada 2.000 alat rapid test antigen yang disiapkan polisi dan Dinas Kesehatan Kota Cimahi,” ujarnya.

Sudirianto tidak membantah saat proses penyekatan kemarin Diakuinya, selama proses penyekatan saat arus mudik banyak pengendara yang lolos. Untuk itu, rapid test antigen ini sangat penting untuk mengantisipasi penularan Covid-19.

"Kalau ditemukan ada yang positif, kami akan arahkan ke Satgas Covid-19 dan Dinas Kesehatan Kota Cimahi," pungkasnya. (Ahmad Sayuti)