Tiga Mahasiswa Unpad Raih Juara III Lomba Cerdas Cermat Daring BPK RI

Tiga Mahasiswa Unpad Raih Juara III Lomba Cerdas Cermat Daring BPK RI



INILAH, Bandung - Tiga mahasiswa Universitas Padjadjaran (Unpad) meraih juara III pada lomba cerdas cermat daring pada Festival untuk Negeri (FUN) 2021 yang digelar Badan Pemeriksa Keuangan atau BPK RI.

Tiga mahasiswa tersebut antara lain Rudolph Rainer Tjiudiningrat (Ilmu Politik), Renada Restyajani (Manajemen), dan Glen Matthew (Hubungan Internasional). Ketiganya tergabung dalam tim bernama “Mendadak”.

Dikutip dari laman FISIP Unpad, pada kompetisi yang diikuti 144 tim dari 69 perguruan tinggi se-Indonesia tersebut, ada empat tahap perlombaan yang harus diikuti.


Usai menyisihkan sejumlah tim di tahap pertama, Rudolph dan tim berhasil masuk 50 besar dan berkesempatkan mengikuti perlombaan di tahap kedua. Dari tahap kedua, peserta kembali disaring hingga terjaring enam tim yang mampu bertahan untuk masuk ke tahap ketiga.

“Tahap pertama dan tahap ketiga ini dilakukan dengan membutuhkan ketepatan dan kecepatan masing-masing tim melalui aplikasi Kahoot yang soalnya bertemakan pengetahuan umum,” kata Rudolph, Jumat (14/5/2021).

Sementara di tahap final, Rudolph dan tim berhadapan dengan dua finalis lainnya. Di babak ini, setiap tim diminta menjawab pertanyaan dengan model studi kasus seputar aktivitas dan kebijakan BPK RI. Tim Mendadak mampu menorehkan skor sebanyak 82 poin dan mampu meraih juara III. Sementara juara II diraih tim Wahono dari UGM dan juara I diraih tim Ksatria dari UI. (Okky Adiana)