Peredaran Paket Ganja Bertuliskan Bumbu Dapur Diamankan Polres Bogor

Peredaran Paket Ganja Bertuliskan Bumbu Dapur Diamankan Polres Bogor
Foto: Reza Zurifwan



INILAH, Bogor - Sebanyak 7,4 kg ganja dan dua orang kurir bandar narkotika diamankan Sat Narkoba Polres Bogor di Jalan Raya Tajur, Kecamatan Bogor Timur, Kota Bogor, Jumat (9/4/2021) lalu.

Kedua pelaku mendapatkan barang haram tersebut dari Sumatera Barat. Untuk mengelabui perusahaan jasa pengiriman, mereka membungkusnya dengan dua lapis dengan karton dengan membubuhkan tulisan bumbu dapur.

"Barang bukti narkotika jenis ganja seberat 7,4 kg ini dikirim dari Sumatera Barat dengan menggunakan perusahaan ekspedisi. Tujuan alamat sengaja tidak jelas hingga perusahaan ekspedisi menghubungi penerima untuk janji ketemu. Karena sudah ada laporan, kami pun mengontrol pengiriman hingga kurir narkoba dan barang buktinya berhasil kami amankan," ucap Kasat Narkoba Polres Bogor AKP Chandra Eka Mulyana kepada wartawan, Senin (10/5/2021).


Pelaku yang berperan sebagai kurir yang berhasil diamnakan yakni SK (21) dan MA (22). Sedangkan, terkait bandar ganja diakuinya masih dalam pengejaran.

"Kami sudah berupaya mengejar bandar ganjanya ke Sumatera Barat, status bandar tersebut ialah daftar pencarian orang (DPO),"  sambungnya.

Dia menuturkan, kedua kurir ganja itu tidak mengenal sang bandar. Mereka mendapatkan info pekerjaan itu dari salah seorang temannya yang masuk dalam DPO.

"Pengakuan tersangka kurir ganja, mereka sudah menerima paket ganja sebanyak tiga kali dalam lima bulan," tuturnya.

AKP Chandra menjelaskan bahwa tersangka kurir ganja akan dijerat pasal 114 ayat 2 dan pasal 112 ayat 2 Undang-Undang Nomor 35/2009 tentang narkotika dengan ancaman hukuman penjara minimal 5 tahun dan maksimal 20 tahun serta pidana denda minimal Rp1 miliar dan maksimal Rp10 miliar. (Reza Zurifwan)