426 Petugas Kebersihan Malam Hari Raya Diterjunkan Pemkot Bandung

426 Petugas Kebersihan Malam Hari Raya Diterjunkan Pemkot Bandung
net



INILAH, Bandung - PD Kebersihan Kota Bandung menerjunkan sebanyak 426 petugas untuk melakukan pengangkutan sampah di malam Hari Raya Idulfitri pada Kamis (13/5/2021). Petugas melakukan pengangkutan sampah di 33 titik tempat pembuangan sampah sementara (TPS). 

Direktur Operasional PD Kebersihan Kota Bandung Iwan Setiawan mengatakan, kegiatan penyapuan sampah menjadi kewenangan Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK). Sedangkan untuk pengangkutan sampah dari TPS ke tmpat pembuangan akhir (TPA) masih dipegang PD Kebersihan. 

"Tanggal 12 ada dua pekerjaan, di siang hari dan malam hari. Pengangkutan sampah siang hari dari TPS ke TPA. Malam hari hasil pengangkutan sampah dari malam takbir," kata Iwan, Senin (10/5/2021). 


Menurutnya, petugas yang diterjunkan melakukan pengangkutan sampah dari TPS ke TPA sebanyak 542 orang. Sedangkan pada malam takbiran hanya 426 orang. Kendaraan yang disiapkan sebanyak 41 unit dengan supir 41 orang dibantu kernet dari DLHK. 

Selanjutnya, petugas PD Kebersihan tidak mengangkut sampah pada hari Lebaran. Terkecuali petugas DLHK yang melakukan penyapuan sampah untuk dibawa ke TPS. Hal tersebut, disebabkan TPA Sarimukti di Bandung Barat tutup saat hari Lebaran. 

"PD kebersihan tidak menerjunkan pada hari H, kami akan mengosongkan TPS yang dekat titik-titik tempat idul fitri yaitu salat Id dan ada tempat ziarah. Disimpan kontainer disana. Pada H+1, Petugas PD Kebersihan sebanyak 487 orang kembali bekerja normal. Para petugas akan mengangkut sampah dari TPS ke TPA termasuk sampah yang terkumpul sebelumnya," ucapnya. 

Dia mengatakan, seluruh sampah yang terangkut di 33 titik saat malam takbiran akan dikumpulkan di satu titik. Di Bandung Selatan berada di Tegalega, Bandung Barat di Jamika, Bandung Timur di Alun-Alun Ujungberung dan Bandung Utara di Jalan Citarum. 

"Perhari biasanya mencapai sebanyak 1.300 ton. Tetapi kita prediksi akan terjadi penambahan yaitu sebanyak 57 ton perhari, mulai menjelang Lebaran sampai beberapa hari ke depan setelah hari raya Idul Fitri," ujar dia. (Yogo Triastopo)