Juli Nanti, Proyek Molor Ini Dijanjikan Rampung

Juli Nanti, Proyek Molor Ini Dijanjikan Rampung
istimewa



INILAH, Megamendung - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat menjanjikan proyek pembangunan Bendungan Cipayung (Ciawi) dan Bendungan Sukamahi bisa rampung pada Juli mendatang.

Hal itu dikatakan Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan di Bendungan Sukamahi, Kecamatan Megamendung, Kabupaten Bogor, Rabu (5/5/2021).

Kabar akan tuntasnya Proyek Strategis Nasional (PSN) ini tentunya menggembirakan masyarakat. Sebab, proyek yang menelan anggaran lebih dari Rp3 triliun ini harusnya selesai pada Juni 2019 lalu. 


"Seperti yang dituturkan Menteri PUPR Mochamad Basoeki Hadimoeljono, proyek pembangunan Bendungan Cipayung dan Bendungan Sukamahi ini akan tuntas pekerjaannya pada Juli mendatang," kata Luhut.

Dia menerangkan, proyek dua bendungan di Kabupaten Bogor ini merupakan bagian upaya penanganan banjir di DKI Jakarta.

"Untuk menangani atau mencegah bencana alam banjir di DKI  Jakarta, Kementerian PUPR selain membangun Bendungan Sukamahi dan Cipayung juga akan membangun tanggul di pantai di DKI Jakarta, Pemprov DKI Jakarta juga ikut membangun tanggul di pantai, sumur resapan dan sodetan di beberapa sungai dari belasan sungai yang mengalir di DKI Jakarta," terangnya.

Di tempat yang sama, Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan menuturkan potensi bencana alam banjir di Jakarta berasal dari pegunungan, hujan lokal, dan air rob dari lautan.

"Untuk menangani potensi bencana alam banjir di DKI Jakarta maka pemerintah pusat, Pemprov DKI dan Pemprov Jabar membangun bendungan, membangun tanggul laut, membangun sumur resapan atau drainase vertikal dan membuat sodetan sungai. Untuk bendungan Sukamahi dan Cipayung ini bisa mengurangi atau mengatur debit air yang masuk ke DKI Jakarta," tutur Anies.

Sedangkan, Kepala Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Ciliwung-Cisadane Bambang Heri Mulyono menjelaskan progres fisik pembangunan Bendungan Sukamahi kini mencapai 75 persen. Sementara, progres fisik pembangunan bendungan mencapai 70 persen.

"Saat ini kendala lebih banyak di pembebasan lahan karena untuk Bendungan Sukamahi lahan yang belum dibebaskan sebanyak 5 persen dari 49,82 hektare, sementara di Bendungan Cipayung tinggal 3 persen lagi yang belum dibebaskan dari rencana luas lahan 78,35 hektare," jelas Bambang. (Reza Zurifwan)