Ribuan Tenaga Pariwisata, Ekonomi Kreatif dan Seni Budaya Jalani Vaksinasi Covid-19

Ribuan Tenaga Pariwisata, Ekonomi Kreatif dan Seni Budaya Jalani Vaksinasi Covid-19
istimewa



INILAH, Bandung - Sebanyak 3.020 pekerja pariwisata, ekonomi kreatif, dan seni budaya, mendapatkan vaksinasi Covid-19 tahap pertama pada 4-5 Mei 2021 di The Trans Luxury Hotel, Kota Bandung.

"Dari sekitar 3.000 ini dibagi dua hari. Hari ini sekitar 1.520 orang. Saya lihat memang proses awal dari meja nol sampai pelaksanaan vaksinasi dan observasi itu berjalan baik, tertib," kata Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana, Selasa (4/5/2021).

Menurutnya, dengan vaksinasi terhadap para tenaga di bidang pariwisata, ekonomi kreatif, dan seni budaya tersebut bisa melindungi dari Covid-19. Vaksinasi Covid-19 mencegah dan menyebarkan penyakit. 


"Karena memang kita tidak pernah tahu tamu-tamu yang hadir ke Kota Bandung ini berasal dari zona hitam, merah, atau apa. Insya Allah dengan kita memproteksi diri dengan proses vaksinasi kita terhindar dari Covid-19," ucapnya. 

Akibat pandemi Covid-19, dia menyebukan PAD Kota Bandung dari sektor pariwisata turun hingga 50 persen. Itu karena sempat ditutupnya tempat-tempat pariwisata di Kota Bandung.

"Ya karena memang Kota Bandung itu, PAD terbesarnya dari jasa dan pariwisata. Jadi begitu ditutup semua, tahun lalu sektor-sektor itu ya otomatis PAD kita menurun drastis," ujarnya. 

Selain itu Yana menambahkan, dalam relaksasi ekonomi terutama di sektor pariwisasta. Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung sangat berhati-hati dalam membuat keputusan. Hal itu agar tidak terjadi klaster baru.

"Sejak beberapa waktu lalu. Kita juga sudah merelaksasi ekonomi di beberapa sektor pariwisata. Tapi tentunya kita juga sangat berhati-hati dalam membuka relaksasi ini dengan menerapkan SOP," tandasnya. (Yogo Triastopo)