Deviden BJB Mengalir Seperti Air ke Daerah Daerah

Deviden BJB Mengalir Seperti Air ke Daerah Daerah
Istimewa



INILAH, Bandung- Bank BJB, dalam Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST), April lalu, menetap-kan pembagian divien senilai Rp941,97 miliar. Angka itu setara dengan 56% dari laba bersih ta-hun 2020 senilai Rp1,7 triliun. De-ngan begitu dividen yang dibagi-kan kepada pemegang saham yakni senilai Rp 95,74 per saham. 

Sekretaris Perusahaan Widi Hartoto mengatakan Bank BJB tetap mampu tumbuh di atas ra-ta-rata industri perbankan meski di tengah gejolak pandemi Co-vid-19 dan resesi ekonomi glo-bal. Sepanjang 2020, Bank BJB mencatatkan kenaikan perolehan laba 8% atau naik Rp126 miliar menjadi hampir Rp1,7 triliun.

Widi menambahkan pertum-buhan Bank BJB pun melampaui cukup menonjol di antara kelom-pok Bank Pembangunan Daerah. Rata-rata pertumbuhan BPD sebe-sar 5,64%.


“Sepanjang 2020, tercatat se-banyak 60 penghargaan berhasil disabet Bank BJB. Ini merupakan bentuk apresiasi nyata dari kerja keras seluruh insan Bank BJB da-lam berkontribusi menjadi peng-gerak dan pendorong laju per-ekonomian daerah,” katanya.

Pertumbuhan Bank BJB, ter-utama dalam keuntungan, sudah pasti mengalir ke daerah-daerah di Jawa Barat dan Banten. Mereka-lah pemegang saham mayoritas, termasuk ketika Bank BJB melan-tai di Bursa Efek Indonesia (BEI) melalui saham berkode BJBR itu.

Sejak masuk bursa pada 8 Juli 2011, Bank BJB tak sekalipun absen membagikan dividen kepada pe-megang saham. Keuntungan Bank BJB selalu mengalir ke para inves-tor yang menanamkan modalnya di bank yang berpusat di kawasan Naripan, Kota Bandung itu.

Perkembangan positif Bank BJB, membuat daerah-daerah di Jawa Barat, tinggal menghitung untung dari dividen setiap RUPST berlang-sung. Tinggal mengalikan dividen yang dibagikan per saham dengan jumlah saham yang dimiliki.

Angkanya pun relatif selalu mengalami peningkatan setiap tahun, sesuai dengan performa perusahaan yang kian mantap. Dividen per saham senilai Rp 95,74 bahkan hampir dua kali li-pat dibanding pertama kali Bank BJB menebar dividennya pada 2011 lalu sebesar Rp59,67. (*)