Kota Bandung Siapkan Ruang Isolasi bagi Pemudik

Kota Bandung Siapkan Ruang Isolasi bagi Pemudik
Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bandung Ahyani Raksanagara. (yogo triastopo)



INILAH, Bandung - Masyarakat luar kota yang telah melaksanakan mudik ke Kota Bandung sebelum masa larangan 6 hingga 17 Mei mendatang, diminta melakukan karantina secara mandiri.

"Dasarnya tidak boleh mudik. Jika terlanjur mudik, harus lapor ke RT untuk report kondisi kesehatannya," kata Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bandung Ahyani Raksanagara, Senin (3/5/2021).

Kota Bandung, dituturkannya telah menyiapkan tempat karantina mandiri apabila kondisi rumah tidak memungkinkan. Apabila diperlukan karantina mandiri terpusat, maka bisa dilaksanakan langsung.


"Sebelum tanggal 6 pada saat ratas sudah dimulai pra pengkondisian. Setiap orang kalau datang ke RT sekarang PPKM harus melaporkan 1x24 jam untuk mendapatkan tindakan berikutnya karantina dulu 14 hari," ucapnya.

Menurut Ahyani, khusus di wilayah aglomerasi pergerakan masyarakat diperbolehkan untuk berkunjung. Namun begitu pihaknya mengingatkan masyarakat untuk membatasi pergerakan.

Dia menambahkan, perkembangan kasus Covid-19 di Kota Bandung bergerak dinamis seperti di tingkat nasional dan Provinsi Jawa Barat. Dia meminta masyarakat untuk melaksanakan protokol kesehatan.

"Perkembangan Covid-19, baik di nasional, Jabar dan di Bandung dinamis terus. Naik turun memang tidak setinggi di Januari, tapi tidak menurun ada lagi naik sedikit, naik sedikit. Karena mulai ada pergerakan," ujar dia. (yogo triastopo)