Jalan Sudirman Jadi Jalur Sepeda Pusat Kota Bogor

Jalan Sudirman Jadi Jalur Sepeda Pusat Kota Bogor
Foto: Rizki Mauludi



INILAH, Bogor - Pemkot Bogor mempersiapkan jalur sepeda di seputaran pusat kota. Wacana terbaru, pilot project akan dibangun jalur pedestarian dan jalur sepeda di Jalan Sudirman. Jalur khusus itu membentang mulai dari kawasan Air Mancur hingga markas Denpom III/1 Bogor. 

Sedangkan, untuk menyambut pesepeda luar kota itu Badan Pengelola Tranportasi Jabodetabek (BPTJ) Kementerian Perhubungan akan membangun jalur sepeda mulai dari perbatasan Kabupaten Bogor hingga Taman Kencana.

"Untuk model jalur sepeda yang dibangun BPTJ, hanya berupa marka saja. Jadi bisa dilalui mobil apabila tidak ada sepeda, tidak mengurangi lebar jalan yang ada. Kami terbaru akan berbeda dengan BPTJ, tapi lebih mencontoh jalur sistem satu arah Kebun Raya Bogor," kata Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Bogor Rudy Mashudi di ruang kerjanya, Senin (3/5/2021).


Terkait biaya, dia mengaku masih dalam tahap penghitungan. Sebab, jika membangun dengan pedestarian itu penganggaran berada di Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR). Namun, jika hanya pembuatan marka jalan saja penganggarannya bisa di Dinas Perhubungan (Dishub). 

"Kalau hanya marka sudah dianggarkan, tidak banyak. Dibutuhkan Rp5 miliar," ucapnya. (Rizki Mauludi)