Robert Alberts Pastikan Takkan Rombak Skuat Persib Jelang Liga 1

Robert Alberts Pastikan Takkan Rombak Skuat Persib Jelang Liga 1
Pelatih Persib Bandung Robert Alberts. (Istimewa)



INILAH, Bandung - Pelatih Persib Bandung, Robert Rene Alberts memastikan tidak akan melakukan banyak perubahan pada timnya dalam menghadapi Liga 1 2021. Terutama dari segi materi pemain. 

Pelatih asal Belanda ini mengaku tidak memiliki alasan untuk mengubah, apalagi mencoret para pemainnya sekalipun di Piala Menpora 2021 hanya mampu menempati peringkat runnerup usai dikalahkan Persija Jakarta di babak final. 

Dari hasil evaluasi yang telah dilakukan, Robert menilai para pemainnya masih layak berseragam Persib Bandung. Tak hanya pemain muda, namun juga berlaku untuk pemain senior. 


"Saya pikir untuk evaluasi kurang lebih sudah selesai. Kami ingin mempertahankan sebagian besar pemain yang ada dalam tim ini untuk tetap bersama. Mereka juga sudah bermain di turnamen ini (Piala Menpora 2021), termasuk pemain muda dan itu yang penting," ujar Robert. 

Semisal, kata Robert, beberapa pemain muda seperti Bayu Mohamad Fiqri yang kualitasnya sudah sesuai dengan kebutuhan tim. Menurutnya, dia adalah salah seorang pemain muda Persib yang berpotensial. 

"Kalian bisa lihat Bayu, dia bermain dengan fantastis saat pertama datang dan dimainkan, jadi kami bisa melihat potensinya, dia adalah pemain masa depan," katanya. 

Pelatih berusia 65 tahun ini membenarkan, Bayu melakukan kesalahan saat dipercaya untuk bermain melawan Persija Jakarta di leg kedua babak final. Saat itu, pemilik nomor punggung 4 itu mendapatkan dua kartu kuning berujung merah tepat di pertengahan babak pertama. 

Alhasil, Persib kesulitan dalam menghadapi Persija karena hanya bermain dengan 10 pemain. Sehingga tim berjulukan Maung Bandung ini kandas dengan skor 1-2. 

"Dan mungkin karena itu kami tidak mendapatkan hasil yang kami inginkan karena bermain selama 70 menit dengan sepuluh pemain itu tidak mudah. Kami kelelahan, jadi saya memasukan kaki yang lebih segar," tuturnya.

Robert yakin Bayu akan menjadi pemain andalan Persib ke depannya. Dia yakin kesalahan yang dilakukan, menjadi pembelajaran berharga bagi pemain asal Banyuwangi, Jawa Timur tersebut untuk menjadi lebih baik. 

"Jadi Bayu tentunya akan belajar dari pengalaman dan dia tidak akan melupakan itu. Bukan tidak mungkin di Liga akan ada situasi serupa. Jadi dia harus belajar dan itu hal yang positif," pungkasnya.

Sejauh ini, Robert sudah mencoret satu pemain usai Piala Menpora 2021 berakhir. Dia adalah Farshad Noor. Kapten timnas Afghanistan itu dinilai tidak bisa menunjukan kualitasnya meski sudah mendapatkan beberapa kesempatan bermain.

Saat ini, Robert sudah mengantongi nama pemain pengganti Farshad Noor. Namun, eks pelatih PSM Makassar dan Arema FC ini belum bisa membeberkan nama pemain yang akan mengisi slot asing Asia Persib di Liga 1 2021.(Muhammad Ginanjar)