Varian Virus Covid-19 India Terdeteksi di Malaysia

Varian Virus Covid-19 India Terdeteksi di Malaysia
istimewa



INILAH, Jakarta - Menteri Kesehatan Malaysia, Datuk Seri Dr Adham Baba, mengatakan varian virus Covid-19 India saat ini telah terdeteksi di Malaysia.Varian B.1.617 tersebut pertama kali terdeteksi di Bandara Internasional Kuala Lumpur, Minggu (2/5/2021) kemarin.


"Varian terdeteksi di warga negara India yang diperiksa di Bandara Internasional Kuala Lumpur," kata Adham Baba, dikutip dari Reuters, Senin (3/5/2021).


SementaraOrganisasi Kesehatan Dunia (WHO)pernah menyatakan, bahwa varian tersebut merupakan "variant of interest". Artinya mutasi virus lebih mudah menular, menyebabkan penyakit parah atau kebal terhadap vaksin.


Maka dari itu, Adham meminta, untuk seluruh masyarakat Malaysia untuk tetap tenang terhadap informasi yang beredar tersebut.

"Kami mengimbau masyarakat untuk tetap tenang. Semua upaya kesehatan masyarakat akan terus dilakukan guna memutus mata rantai penularan dan menjamin keamanan masyarakat," kata Adham lagi.

Malaysia secara resmi melarang penerbangan ke dan dari India sejak beberapa waktu lalu. Kini mereka sedang menghadapi lonjakan kasus Covid-19.
Sebelumnya diketahui, Malaysia mencatat 3.418 kasus corona harian baru. Ini menjadikan total kasus sejak Covid-19 mewabah menjadi 415.012 kasus dengan 1.500 kematian. (inilah.com)