DLH Kab Bogor Uji Emisi Kendaraan dan Ambien Udara di Wilayah Industri

DLH Kab Bogor Uji Emisi Kendaraan dan Ambien Udara di Wilayah Industri
Foto: Reza Zurifwan



INILAH, Bogor- Udara perkotaan di Kabupaten Bogor diuji Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bogor. Sasarannya ratusan kendaraan bermotor dan juga lingkungan industri.

"Hari ini DLH Kabupaten Bogor melakukan uji emisi kendaraan roda empat secara gratis, sasarannya 260 unit mobil angkutan umum, truk, mobil pribadi dan lainnya," kata Kepala DLH Kabupaten Bogor Asnan kepada wartawan, Kamis, (29/4).

Mantan Camat Tenjo ini menambahkan jajarannya juga akan mengukur ambien udara di wilayah yang memiliki kawasan industri seperti Gunung Putri, Cileungsi, Klapanunggal dan Citeureup.


"Wilayah yang memiliki kawasan industri seperti Gunung Putri, Cileungsi, Klapanunggal dan Citeureup juga akan diukur ambien udaranya dengan jumlah 18 titik, kedua uji udara itu untuk melihat kualitas udara di Kabupaten Bogor," tambahnya.

Kasi Pengendalian Pencemaran DLH Kabupaten Bogor Sugeng Suwanda menuturkan dalam uji udara atau emisi kendaraan bermotor, pihaknya dalam hal ini lebih menekankan pembinaan.

"Jika kendaraan bermotor tidak memenuhi ambang batas mutu emisi, maka kita sarankan untuk perbaikan atau service secara berkala ke bengkel langganan mereka, kalau yang ambang batas mutu emisinya baik maka akan kami berikan sticker lulus uji," tutur Sugeng.

Ia melanjutkan adanya uji ambien udara ataupun emisi kendaraan berhasil mendidik pemilik atau pengemudi kendaraan, untuk merawat kendaraan bermotor dan ikut menjaga kualitas udara di Kabupaten Bogor.

"Kami selalu mengajak masyarakat khususnya pengemudi atau pemilik kendaraan bermotor dan pihak industri ikut turut serta menjaga kualitas udara di Kabupaten Bogor, baik dengan cara merawat kendaraannya, memperbaiki pembuangan udara atau uap produksi dan juga menanam pohon di areal industri ataupun rumahnya," lanjutnya. (Reza Zurifwan)