Sahrul Gunawan Ingin Wujudkan Wisata Fesyen di Kabupaten Bandung

Sahrul Gunawan Ingin Wujudkan Wisata Fesyen di Kabupaten Bandung
Foto: Dani R Nugraha



INILAH, Bandung - Wakil Bupati Bandung Sahrul Gunawan bercita-cita membangun gedung untuk menampung para pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) yang banyak tersebar di Kabupaten Bandung. Diharapkan akan banyak orang yang datang ke Kabupaten Bandung yang otomatis bakal menggerakan roda perekonomian masyarakat.

"Mimpi saya ketika datang ke Kabupaten Bandung ini, ingin membuat sebuah gedung untuk menampung para pelaku UMKM. Di antaranya UMKM fesyen yang banyak tersebar di Soreang dan Majalaya. Kita wujudkan wisata fesyen disini," kata Sahrul di Soreang, Rabu (28/4/2021).

Selama ini, sekitar 50 persen pedagang pakaian yang berdagang di Tanah Abang di Jakarta berasal dari Soreang dan Majalaya. Di Tanah Abang mereka menyewa tempat dengan harga sewa yang tidak murah. Seandainya para pedagang atau para pelaku UMKM fesyen dari Kabupaten Bandung ini difasilitasi dengan baik tentunya akan lebih efektif.


"Kita fasilitasi dengan baik disini. Karena kan disana mereka itu sewanya lumayan mahal. Nah kita datangkan juga orang-orang untuk datang ke Kabupaten Bandung, ini akan menggerakan ekonomi masyarakat kita," ujarnya.

Selain perdagangan secara langsung atau offline, kata Sahrul, perdagangan dengan sistem daring atau online pun harus terus dikembangkan para pelaku UMKM ini. Tentunya dengan bantuan dan bimbingan dari pemerintah. Apalagi, saat pandemi virus corona ini, perdagangan online menjadi pilihan tepat bagi para pelaku usaha untuk tetap bertahan.

Sahrul melanjutkan, untuk mendukung industri kreatif di Kabupaten Bandung, pihaknya juga berencana mendirikan creative center. Dengan tujuan untuk mewadahi kreativitas anak anak muda.

“Untuk industri kreatif, saat ini memang saya juga sedang mengkaji dan mencoba untuk membuat  format yang lebih tepat kira-kira seperti apa. Salah satunya adalah membuat ruang-ruang publik, pembangunan kreatif center, kita ingin memberikan ruang-ruang kreatif bagi anak-anak muda,” katanya.

Untuk mendukung rencananya itu, jelas Sahrul, pihaknya akan melakunan studi banding ke kota lainnya yang ada di sekitar Kabupaten Bandung, misalnya Kota Bandung yang sudah terbangun Bandung Creative Hub. Kemudian, juga akan dilakukan optimalisasi ruang kreatif seperti gedung Sabilulungan.

“Seperti misalnya Sabilulungan, saya juga pengen ada tempat untuk exhibition di Gedung Munara lantai 1, sudah disiapkan lalu bagaimana forum-forum itu nanti diciptakan dengan kepala dinas terkait. Semoga terwujud semoga bisa ada investornya,” ujarnya. (Dani R Nugraha)