Perketat Pengawasan, Kota Bandung Koordinasikan Perbatasan Mudik Bandung Raya

Perketat Pengawasan, Kota Bandung Koordinasikan Perbatasan Mudik Bandung Raya
istimewa



INILAH, Bandung - Wali Kota Bandung Oded M Danial menginisiasi menggelar rapat koordinasi bersama sejumlah kota kabupaten di kawasan Bandung Raya. Hal ini terkait kebijakan wilayah aglomerasi mudik Lebaran 2021.

"Tadi sudah disampaikan nanti ada rapat koordinasi lintas kota kabupaten yang masuk aglomerasi," kata Oded di Pendopo Kota Bandung, Rabu (28/4/2021).

Menurutnya, kendati Kota Bandung tidak berbatasan dengan wilayah di luar aglomerasi. Namun ,koordinasi harus tetap dilalukan, mengingat pengawasan dan pengendalian Covid-19 harus tetap ketat.


Untuk itu, Oded juga mengimbau khusus bagi masyarakat Kota Bandung untuk tetap mematuhi setiap anjuran dari pemerintah. Termasuk seruan menahan diri untuk mudik saat lebaran nanti.

"Imbauan saya taati aturan, baik dari mulai pusat sampai daerah. Karena ini semua merupakan bagian dari 'kanyaah' pemerintah kepada masyarakat supaya tidak terjadi ada lonjakan selama kegiatan Idulfitri," ucapnya. 

Sedangkan, Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Barat Hery Antasari mengatakan proyek bus rapid transit (BRT) menjadi salah satu upaya mengurangi masalah transportasi di kawasan Bandung Raya. 

Saat ini dituturkan dia, persoalannya semakin pelik mengingat mobilitas masyarakat yang semakin meningkat antar kota kabupaten di Bandung Raya.

"Program pengembangan BRT ini kita laporkan. Mudah-mudahan 2022 dan 2023 ada tambahan BRT di Bandung. Ini inisiasi pusat, kami diamanatkan mengawal dengan ketat," kata Hery.

Masih berkaitan solusi transportasi, Hery menuturkan pemerintah pusat juga akan menerapkan skema bus by the service (BTS). Yakni sistem jasa layanan angkutan melalui pihak ketiga, dengan tujuan utama menguatkan konektivitas antar daerah.

Diketahui, Satgas Penanganan Covid-19 pusat telah mengeluarkan aturan pengetatan mudik Lebaran 2021. Aturan tersebut tertuang dalam Adendum Surat Edaran (SE) Nomor 13/2021 tentang Peniadaan Mudik Hari Raya Idulfitri Tahun 1442 Hijriah.

Namun, dalam SE tersebut terdapat 36 kota dan 8 wilayah yang diberlakukan pengecualian untuk bisa melakukan mobilitas perjalanan pada 6-17 Mei 2021. Di antaranya yakni meliputi Kota Bandung, Kota Cimahi, Kabupaten Bandung Barat dan Kabupaten yang tergabung dalam wilayah aglomerasi Bandung Raya. (Yogo Triastopo)