Dana Rp50 Miliar Disiapkan untuk Bebaskan Lahan Waduk Cibeet dan Cijuray

Dana Rp50 Miliar Disiapkan untuk Bebaskan Lahan Waduk Cibeet dan Cijuray
Foto: Reza Zurifwan



INILAH, Tanjungsari - Untuk membebaskan lahan lokasi pembangunan Waduk Cibeet dan Waduk Cijuray, Balai Besar Wilayah Citarum menganggarkan uang sebesar Rp50 miliar. Total luas lahan Waduk Cibeet yakni 1.300 hektare. Sedangkan, lahan Waduk Cijuray hanya seluas 200 hektare. 

"BBWS Citarum sudah menganggarkan Rp50 miliar untuk pembebasan lahan Waduk Cibeet dan Waduk Cijuray di Kecamatan Tanjungsari dan Kecamatan Cariu, Kabupaten Bogor,"  ucap Kepala Satuan Non Vertical Tertentu (SNVT) Bendungan BBWS Citarum Sandi Eryanto kepada wartawan, Rabu (28/4/2021).

Dia menerangkan, karena ada permasalahan sosial dalam pelaksanaannya dia berharap Pemkab Bogor membantu hingga proyek pembangunan Waduk Cibeet dan Waduk Cijuray bisa segera dilelang.


"Pemkab Bogor kami harapkan membantu mengatasi permasalahan sosial terutama dalam pembebasan lahan dan lainnya, kami berharap proyek pembangunan Waduk Cibeet dan Waduk Cijuray bisa segera dilelang pekerjaannya di Tahun 2021 ini, karena kalau tidak terlaksana maka anggarannya bisa saja ga ada lagi hingga kami dikejar-kejar untuk menuntaskan pembebasan lahan dan melelangnya," terangnya.

Sandi menuturkan, meski luas Waduk Cijuray lebih kecil namun besar anggaran pembangunan fisiknya tetap di angka Rp1 triliun.

"Prakiraan kami, besar anggaran pembangunan fisik Waduk Cibeet dan Cijuray tetap di atas Rp1 triliun. Harapan kami setidaknya di awal tahun 2022 mulai dilakukan pembangunan fisiknya karena kami menargetkan bisa selesai tahun 2024 mendatang," tutur Sandi.

Ditemui terpisah, Kabag Program dan Pengendalian Pembangunan Setda Kabupaten Bogor Ajat Rochmat Jatnika menambahkan saat ini proses pengenalan lahan Waduk Cibeet dan Waduk Cijuray sudah dilakukan.

"Dengan selesainya pelaksanaan proses pengenalan lahan Waduk Cibeet dan Waduk Cijuray, maka Pemkab Bogor berharap proyek fisik pembangunannya bisa di lelang pada Bulan Oktober mendatang," tambah Ajat.

Dia menjelaskan, baik antara BBWS Citarum, Pemprov Jawa Barat, dan Pemkab Bogor makin bersinergi untuk mewujudkan rencana pembangunan Waduk Cibeet dan Waduk Cijuray.

"Tim percepatan pembangunan Waduk Cibeet dan Waduk Cijuray akan dibentuk, dimana akan dipimpin oleh pejabat Pemprov Jawa Barat. Saat ini sinergi antara BBWS Citarum, Pemprov Jawa Barat dan Pemkab Bogor semakin baik," jelasnya.

Ajat melanjutkan karena pembangunan Waduk Cijuray merupakan usulan dari Pemkab Bogor, maka pembuatan detail enginnering design (DED) akan dilakukan Pemkab Bogor.

"DED pembangunan Waduk Cijuray sudah direvisi oleh BBWS Citarum, luas lahan yang sebelumnya 70 hektare kini menjadi hampir 200 hektare. Selain itu, luas lahan Waduk Cibeet juga bertambah dari sebelumnya 1.000 hektare menjadi 1.300 hektare," lanjut Ajat. (Reza Zurifwan)