Inilah Siswa SMAN 8 Bandung Peraih Juara Olimpiade Tingkat ASEAN

Inilah Siswa SMAN 8 Bandung Peraih Juara Olimpiade Tingkat ASEAN



INILAH, Bandung - Menjadi juara di ajang ASEAN Student Science Olympiad 2021, pasti membanggakan, baik untuk sekolah, orang tua, teman-temannya bahkan untuk diri sendiri. Itulah yang dirasakan Rizky Ramadhan Sayyid Zenyda salah satu siswa SMAN 8 Bandung.

Tak tanggung-tanggung, Rizky meraih dua medali di ajang olimpiade tingkat ASEAN, yakni medali perak pada olimpiade matematika dan perunggu pada olimpiade biologi.

"Bisa menjadi jawara di tingkat ASEAN, ini seperti mimpi yang menjadi kenyataan. Alhamdulillah, saya sangat bersyukur dan bangga karena ini baru pertama kali ikut lomba di ajang ini dan menjadi juara," ujar Rizky, Rabu (28/4/2021).


Dia menjelaskan, seluruh peserta olimpiade harus mengerjakan 40 soal berbahasa Inggris ditambah beberapa soal esai. Ini menjadi tantangan tersendiri yang mengidolakan B.J. Habibie ini, sebab pada ajang olimpiade jarang menyertakan soal esai. 

Namun, dengan ketekunan dan persiapan matang, dia bisa berhasil melaluinya dengan raihan prestasi. Prestasi ini tak lepas dari peran pendampingan guru. 

"Pihak sekolah mendukung dan saya pun mendapatkan pendampingan dari guru mata pelajaran," imbuh siswa yang bercita-cita menjadi dokter ini. 

Rizky bercerita, prestasi yang ia raih tak lepas dari kesehariannya yang selalu memanfaatkan waktu luang. Terlebih, ia tak bergabung dalam organisasi di sekolah sehingga memiliki waktu luang lebih panjang. Pada Olimpiade ASEAN ini misalnya, ia memanfaatkan akhir pekan untuk mematangkan persiapan.

"Karena weekday kan fokus untuk belajar, jadi saya sebisa mungkin memanfaatkan hari Sabtu dan Minggu," kata anak kedua dari tiga bersaudara ini. 

Meski demikian, ia sama sekali tak melupakan waktu bermain ataupun beristirahat. Bermain dan rebahan menjadi opsi terbaik ketika dirinya sedang beristirahat, namun dengan tetap meyakini satu hal. "Rebahan itu boleh, tapi jangan lama-lama karena waktu itu adalah emas," tegasnya. 

Wakil Kepala SMAN 8 Bandung Bidang Humas, Toteng Suhara mengatakan, pihaknya selalu mendukung para siswa untuk menorehkan prestasi di berbagai bidang. Sekolah pun selalu berperan sebagai narahubung bagi siswa jika ada lomba yang diselenggarakan oleh berbagai pihak di semua tingkatan. 

"Alhamdulillah, tak sedikit siswa SMAN 8 yang berinisiatif daftar mandiri lalu menjadi juara. Kami bangga para siswa sudah dewasa dan mandiri," ungkapnya. 

Ia berharap, prestasi ini mampu memotivasi siswa Jabar untuk tetap menorehkan prestasi meski di masa pandemi.

"Saya harap siswa tetap mengekspresikan kemampuannya dalam berbagai bidang sesuai kompetensinya untuk mewujudkan siswa Jabar Juara," pungkasnya. (Okky Adiana)