Oded Bagikan 50 Ribu Sembako Subsidi, Terbanyak di Kiaracondong

Oded Bagikan 50 Ribu Sembako Subsidi, Terbanyak di Kiaracondong



INILAH, Bandung - Wali Kota Bandung Oded M Danial menyerahkan 50 ribu paket sembako kepada warga di 150 kelurahan di 30 kecamatan Kota Bandung. Paket sembako diberikan kepada warga yang berhak, salah satunya terdampak Covid-19.

"Program Bandung Sejahtera ini, meluncurkan sembako murah subsidi senilai 150 ribu. Warga cukup membayar 50 ribu," kata Oded di Kecamatan Rancasari, Kota Bandung pada Rabu (28/4/2021). 

Menurut dia, anggaran yang disiapkan untuk 50 ribu paket sembako mencapai Rp 5 miliar. Data penerima paket sembako, disiapkan petugas kelurahan di masing-masing kewilayahan. 


"Ini dari APBD Rp 5 miliar, murni APBD. Jumlah penerima paket sembako berbeda di tiap kelurahan. Yang paling banyak di daerah Kiaracondong dan yang sedikit di daerah Cinambo," ucapnya.

Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagin) Kota Bandung Elly Wasliah mengatakan, penyaluran paket sembako dilakukan di Kecamatan Rancasari dengan total empat kelurahan. 

"Dengan jumlah kelompok keluarga penerima paket sembako mencapai 1.757," kata Elly. 

Dituturkan dia, Disdagin Kota Bandung menerjunkan tim dalam melakukan pengawasan penyaluran paket sembako. Tim dengan ketat mengawasi pelaksanaan penyaluran paket sembako di setiap kelurahan. 

"Harga satu paket Rp 150 ribu. Warga hanya membayar Rp 50 ribu perpaket diperuntukan untuk 50 ribu penerima manfaat. Jadi ada 50 ribu kelompok penerima manfaat tersebar di 30 kecamatan di 151 kelurahan," ucapnya. 

Sambung Elly, paket sembako berisi beras premium sebanyak lima kilogram, minyak kelapa dua kilogram, gula dua kilogram, tepung terigu dua kilogram, dan satu kaleng kornet beef yang dikemas dengan goodie bag. 

"Kita menerima usulan dari 30 camat menyangkut kelompok keluarga penerima manfaat yang berasal dari data terpadu kesejahteraan sosial (DTKS) dan non DTKS. Dan program bantuan paket sembako merupakan janji politik kampanye wali Kota Bandung dan wakil Wali Kota Bandung," ujar dia. (Yogo Triastopo)