Tepat Waktu Laporkan SPT Tahunan, Dua Camat Raih Penghargaan

Tepat Waktu Laporkan SPT Tahunan, Dua Camat Raih Penghargaan
Tepat Waktu Laporkan SPT Tahunan, Dua Camat Raih Penghargaan



INILAH, Bogor - Kantor Wilayah (Kanwil) Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Jawa Barat III memberikan penghargaan pada dua camat di Kota Bogor. Pemberian penghargaan dilangsungkan di Kantor Kanwil Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Jawa Barat III, Jalan Ir. H. Juanda pada Selasa (27/4/2021).

Penghargaan diberikan atas pencapaian 100 persen pegawai yang telah melaporkan Surat Pemberitahuan (SPT) Tahunan melalui e-Filing atau aplikasi pelaporan SPT daring melalui web pajak.go.id.

Dua camat tersebut yaitu Camat Bogor Utara Marse Hendra Saputra dan Camat Bogor Tengah Abdul Wahid.


"Terima kasih kepada para Camat di Kota Bogor. Dari hari ke hari kita dapat bersinergi untuk meningkatkan penerimaan negara melalui sektor pajak daerah maupun pajak pusat. Kota Bogor mempunyai potensi yang besar," ungkap Kepala Kanwil DJP Jawa Barat III, Catur Rini Widosari dalam keterangan tertulis pada Rabu (28/4/2021) pagi.

Catur Rini menambahkan, dari wilayah Kanwil DJP Jawa Barat III sektor retail masih mendominasi. Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) juga menjadi salah satu sektor penerimaan pajak yang potensial. Kanwil DJP Jawa Barat III berharap dengan apresiasi ini dapat menjadi contoh bagi Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lain di Kota Bogor.

"Serta bisa menjadi panutan bagi warga Kota Bogor untuk melaporkan SPT Tahunan tepat waktu," tuturnya.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Bogor, Dedie A Rachim mengucap syukur karena langkah dan upaya dari jajaran Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor diapresiasi Kanwil DJP Jabar III. Untuk itu, penghargaan ini pemicu untuk terus bisa berprestasi.

"Penghargaan ini sebagai pemicu bagi kami untuk terus berprestasi. ASN (Aparatur Sipil Negara) ini sebagai panutan dan teladan bagi masyarakat di dalam pelaporan pajak, kemudian berkontribusi terhadap penerimaan," ungkap Dedie.

Dedie menambahkan, agar prestasi pelaporan SPT tepat waktu 100 persen dapat diikuti oleh camat yang lain. Sehingga dapat menggerakan ekonomi nasional dan dapat melangsungkan pembangunan berkelanjutan untuk Indonesia.

"Kebutuhan pada pajak ini terus terang dapat menggerakkan ekonomi nasional. Bisa menjadi pendukung pemerintah untuk dapat terus melangsungkan pembangunan ke depan," terangnya.

Terpisah, Camat Bogor Tengah Abdul Wahid menyampaikan, pihaknya menyamakan persepsi antar ASN di Bogor Tengah bahwa SPT itu salah satu bagian untuk menghitung pemasukan bagi negara.

Jadi itu merupakan kewajiban semua orang sehingga dibawah komando sekcam Bogor Tengah mengintruksikan seluruh lurah sehingga bisa menyelesaikan 100 persen pelaporan SPT tahunan.

"Ya, ini kerja keras semua penghargaan ini bukan untuk saya pribadi, tapi untuk semua aparatur wilayah Bogor Tengah," terangnya.

Sementara itu,  Camat Bogor Utara, Marse Hendra Saputra menjelaskan, pada prinsipnya pihaknya sepakat semua wilayah mengandalkan pajak, trik yang pihaknya lakukan mewajibkan ASN Lingkungan Bogor Utara untuk memenuhan SPT tahunan. Disitu dibisa diketahui pajak-pajak yang belum terbayarkan, jadi memang harus ada report.

"Sekarang sudah sistem e-Filling sehingga laporan tidak memakan waktu lama. Kami menawarkan KPP Pratama membuat pojok pajak di Kecamatan Bogor Utara membantu ASN dan Karyawan-karyawati di Bogor Utara, untuk permudah pelaporan juga," pungkasnya.(rizki mauludi)