Dukung Milenial Pembudidaya Perikanan, bank bjb Salurkan KUR

Dukung Milenial Pembudidaya Perikanan, bank bjb Salurkan KUR



INILAH, Cianjur-bank bjb mendukung penuh budidaya perikanan yang dilakukan oleh kalangan milenial dengan cara memberikan biaya permodalan lewat Kredit Usaha Ringan yang mudah dan menguntungkan.

Panyaluran KUR tersebut secara simbolis diberikan oleh Senior Executive Vice President (SEVP) Bisnis bank bjb Benny Riswandi kepada dua orang pembudidaya ikan milenial, yaitu Rendy Triyadi dan Dimas Liggo Niode dalam acara Budidaya Ikan Perdana di UPTD PSDKP Wilayah Selatan Dinas Kelautan dan Perikanan Ciherang-Clanjur, Selasa (27/4/2021).

Dalam acara tersebut dilakukan pula penebaran benih ikan di 60 kolam bioflok yang khusus dibangun untuk Peserta Pembudidaya Ikan Milenial serta Penandatangan Perjanjian Kerja Sama Kegiatan Pembudidaya Ikan Milenial antara Dinas Kelautan dengan Dinas Kelautan & Perikanan Jabar dengan PT Agro Jabar dan bank bjb.

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, yang hadir dalam acara tersebut mengapresiasi dukungan bank bjb untuk membiayai permodalan para petani muda di program Petani Milenial. Dia mengatakan, program ini merupakan program inovatif yang bertujuan mengurangi pengangguran, khususnya pascapandemi COVID-19.

"Jadi tujuan paling dekatnya adalah pengurangan pengangguran pasca-COVID-19 karena selama pandemi tidak terpengaruh," katanya.

Sementara Pemimpin Divisi Corporate Secretary bank bjb, Widi Hartoto, mendorong generasi milenial yang tertarik mengembangkan budidaya perikanan untuk memanfaatkan fasilitas pembiayaan perbankan untuk pengembangan usaha. bank bjb siap memfasilitasi para petani dengan akses pembiayaan yang ringan melalui pola kemitraan untuk memudahkan langkah para pelaku usaha.

"bank bjb mendukung penuh akses permodalan bagi generasi milenial dengan pola pembiayaan siklus atau musiman, melalui skema Kredit Usaha Rakyat (KUR). Agribisnis perikanan merupakan sektor usaha yang sangat potensial untuk terus dikembangkan," kata Widi.

Peran bank bjb dalam Program Petani Milenial

Program Petani Milenial ini diharapkan dapat menarik minat generasi milenial untuk membawa perubahan pada sektor pertanian masa depan. Lebih jauh, program ini diharapkan dapat mewujudkan food security di Jabar berbasis teknologi.

Terdapat dua dukungan yang bank bjb berikan dalam pembiayaan di program Petani Milenial

Pertama kepada offtaker secara langsung dalam hal ini untuk Pembudidaya Ikan Milenial kepada PT. Agro Jabar. Kedua, kepada para petani untuk pembiayaan KUR yang tingkat bunganya sangat ringan. Besaran dana yang akan diterima oleh para petani milenial akan disesuaikan dengan rencana kerja usaha (RKU) yang diajukan petani milenial atau pihak offtaker. Sementara pola pembayaran angsuran dapat dilakukan sesual dengan siklus usaha yang dibuat dalam RKU tersebut.

Pembayaran kredit dapat dilakukan baik sesudah panen maupun berdasarkan kesepakatan bersama. Hal ini adalah bentuk kontribusi bank bjb dalam menjamin kesejahteraan petani milenial dan memastikan keberlangsungan usaha mereka baik dari sisi penanaman, produksi hingga hasilnya dapat berjalan dengan baik dan lancar.

Di tempat terpisah Pemimpin Divisi Kredit UMKM bank bjb, Denny Mulyadi, menjelaskan selain akses permodalan untuk petani milenial, bank bjb juga menjalankan program Pesat (Program Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Terpadu) bagi pelaku UMKM. Program ini memberikan pendampingan intens kepada nasabah UMKM agar berkembang.

"bank bjb juga akan memberikan program pensiun bagi petani atau DPLK (Dana Pensiun Lembaga Keuangan). Hal ini penting untuk mulai dipahami petani milenial agar masa tua mereka terjamin dan sejahtera," tandas Denny.

Di samping itu, bank bjb juga terus mendorong pembentukan kultur pembayaran digital bagi masyarakat. Pembiasaan transaksi digital yang bersifat cashless dan peningkatan inklusi keuangan menjadi fokus yang akan dikedepankan bank bjb. Salah satunya dengan mendorong digitalisasi penerimaan pajak pemerintah daerah melalui teknologi Quick Response Code Indonesia Standard (QRIS). Diharapkan, digitalisasi transaksi berbasis big data ini dapat menjadi modal untuk menyusun strategi pengembangan produk dan layanan digital lainnya.

Program Petani Milenial juga dapat terkoneksi dengan Program Unggulan Jabar yang sudah berjalan seperti 1 Desa 1 Perusahaan (OVOC), Bumdesa Juara, 1 Pesantren 1 Produk (OPOP), UMKM JUARA, dan Marketplace Jabar Borongdong.id, dalam hal pengembangan budi daya, pengolahan pasca panen, pemasaran konvensional, dan pemasaran digital. bank bjb terlibat dalam program unggulan tersebut untuk mewujudkan JABAR JUARA lahir batin.