Dipanggil Timnas, Aqil Savik Incar Menit Bermain

Dipanggil Timnas, Aqil Savik Incar Menit Bermain
Kiper Persib Bandung, Muchamad Aqil Savik. (muhammad ginanjar)



INILAH, Bandung - Kiper Persib Bandung, Muchamad Aqil Savik ucapkan rasa syukur. Pasalnya, namanya kembali terpanggil untuk bergabung dengan tim nasional Indonesia.

Aqil masuk dalam daftar 34 pemain yang terpanggil untuk mengikuti pemusatan latihan bersama timnas Indonesia. Rencananya akan digelar di Jakarta pada 1-9 Mei dan di Dubai Uni Emirat Arab (UEA) pada 10-29 Mei.

Pemanggilan Aqil itu tertuang dalam surat resmi bernomor 3900/AGB/147/IV-2021, yang ditandatangani oleh Plt. Sekjen PSSI, Yunus Nusi. Program pemusatan latihan tersebut  merupakan langkah persiapan timnas Indonesia dalam menghadapi SEA Games ke-31, yang akan digelar di Vietnam, November 2021 mendatang.


"Tentu syukur Alhamdulillah karena tujuan saya pengen masuk timnas. Apalagi tujuan semua pemain pengen masuk timnas, pemain muda, pemain manapun pasti timnas," ungkap Aqil.

Kiper jebolan Diklat Persib ini percaya diri bisa menjalani pemusatan latihan dengan baik. Meskipun di Piala Menpora 2021 tidak mendapatkan kepercayaan untuk bermain bersama Persib Bandung.

"Persiapannya sejauh ini bagus sih, sampai terakhir fisik juga terjaga. Karena selain intens berlatih bersama tim, di luar jadwal latihan nambah juga sendiri sih. Lalu dipantau juga sama Passos (pelatih kiper Persib). Dikasih menu, materi sama Passos," bebernya.

Bahkan, dikatakan Aqil, pelatih Luizinho Passos sudah memberikan pesan dan bekal untuknya selama menjalani pemusatan latihan bersama timnas Indonesia. "Passos selalu kasih pesan untuk kuar, tunjukan karakter, terus sama lebih percaya diri saja," katanya.

Aqil berharap pesan itu bisa dilakukannya dengan baik. Sehingga dia bisa benar-benar mendapatkan kepercayaan untuk bisa turut andil di SEA Games Vietnam mendatang. "Apalagi nanti kan international match. Ada target untuk main juga," tegasnya.

Bermain membela timnas Indonesia, bukan kali pertama dirasakan Aqil. Pemain kelahiran Bandung pada 1999 silam ini pernah juga memperkuat timnas U-19. Aqil dipercaya sebagai kiper ketiga timnas U-19 di ajang Piala AFF U-18 yang berlangsung di Myanmar pada 4-17 September 2017 silam. (muhammad ginanjar)