Hari Bumi, Kota Bandung Tanam 3.000 Pohon Kopi

Hari Bumi, Kota Bandung Tanam 3.000 Pohon Kopi
istimewa



INILAH, Bandung - Memperingati Hari Bumi tahun ini, Pemkot Bandung menanam 3.000 pohon kopi di ruang terbuka hijau (RTH) Kelurahan Pasirwangi Kecamatan Ujungberung, Selasa (27/4/2021). 

Kopi tersebut merupakan bantuan dari Dinas Perkebunan Jawa Barat yang memberikan sebanyak 10.000 pohon kopi. Penanaman pohon masih dalam rangkaian Gerakan Bandung Menanam Jilid 3. 

Penanaman Tahap satu dilaksanakan di kelurahan Pasirwangi Kecamatan Ujungberung sebanyak 3.000 pohon. Sisanya sekitar 7.000 pohon ditanam di Kecamatan Panyileukan, Cibiru, Rancasari, Mandalajati dan Kecamatan Cibeunying Kaler. 


"Kegiatan ini dalam upaya memelihara lingkungan dan mencegah terjadinya banjir. Selain upaya untuk penghijauan, hal ini juga diharapkan dapat membuka lapangan pekerjaan baru untuk warga sekitar," kata Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana. 

Menurut dia, selain mencegah banjir, penghijauan merupakan bagian upaya juga untuk memberikan kenyamanan bagi lingkungan. 

"Bukan hanya memberikan manfaatnya lingkungan saja tetapi pengurangan risiko banjir dan juga punya nilai ekonomi di masyarakat," ucapnya. 

Sementara itu, Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (Dispangtan) Kota Bandung Gin Gin Ginanjar mengungkapkan secara komersial ada dua jenis kopi yang dihasilkan Indonesia. Yaitu kopi arabika dan kopi robusta. 

"Mengingat Kota Bandung lahan jarang daerah dengan ketinggian di atas 1.000 meter jarang, maka perkembangan kopi arabika terbatas. Komoditas kopi robusta cocok di tanam di Kota Bandung. Maka jenis kopi robusta ini ditanam di wilayah Kota Bandung," kata Gin Gin. (Yogo Triastopo)