Jajaran TNI/Polri Kota Bogor Sambangi Rumah Duka Letkol Laut Irfan Suri

Jajaran TNI/Polri Kota Bogor Sambangi Rumah Duka Letkol Laut Irfan Suri
Foto: Rizki Mauludi



INILAH, Bogor - Jajaran TNI/Polri Kota Bogor mendatangi rumah duka Letkol Laut Irfan Suri di Perumahan BNR cluster Harmoni 2, Desa Sukamanteri, Kecamatan Tamansari, Senin (26/4/2021). 

Letkol Laut Irfan Suri merupakan salah satu penumpang KRI Nanggala-402 yang tenggelam di perairan utara Pulau Bali.

Dari pantauan, Danrem 061/Suryakencana Brigjen TNI Achmad Fauzi datang bersama dengan Kapolresta Bogor Kota Kombes Polisi Susatyo Purnomo Condro, dan Dandim 0606/Kota Bogor Kolonel Inf Roby Bulan. Tak lama kemudian keluarga besar TNI Angkatan Laut (AL) juga mendatangi kediaman Letkol Laut Irfan Suri dan langsung menemui istri almarhum.


Brigjen TNI Achmad Fauzi menyampaikan ucapan turut berduka cita dan berbelasungkawa atas gugurnya salah satu prajurit terbaik TNI AL. 

"Semoga semua arwah dari 53 orang itu diterima Allah SWT," ungkap Achmad.

Dia mengatakan, dalam pengabdian kepada NKRI, dirinya beserta jajaran bedoa kepada keluarga yang ditinggalkan diberikan ketabahan, kesabaran, dan ketenangan, dalam menjalankan kehidupan selanjutnya.

"Dari rekan-rekan TNI/Polri memberi penghormatan seringgi-tingginya kepada sleluruh kru yang mengabdikan selama penugasan. Selama hidupnya, mereka telah mengabdikan jasa terbaiknya untuk menegakan kokohnya NKRI," tuturnya.

Dia melanjutkan, untuk rencana prosesi pemakaman, masih ada beberapa opsi kemungkinan yang disiapkan keluarga. Pertama, karena menyangkut operasi pencarian KRI Nanggala-402.

"Sehingga ketika ditemukan, bisa dilakukan prosesi pemakaman yang nantinya disiapkan. Kedua, opsi lainya tetap di dalam laut bali. Karena untuk proses pengangkatan dan evakuasi kemungkinan membutuhkan proses yang cukup sulit. Ada beberapa alternatif, jika tidak ditemukan maka akan ada prosesi tabur bunga. Mereka adalah pahlawan sangat layak untuk dimakamkan di taman makam pahlawan," tegasnya.

Saat ditanya kemungkinan akan disemayamkan di Taman Makam Pahlawan Dereded, Achmad dengan tegas akan mendukung sepenuhnya untuk membantu pemakaman secara militer.

"Jika memang dimakamkan di Bogor, kami akan dukung sepenuhnya," tegasnya. (Rizki Mauludi)