Pemkot Siap Tambah Pasar Bersih Modern di Bogor Barat

Pemkot Siap Tambah Pasar Bersih Modern di Bogor Barat
Foto: Rizki Mauludi



INILAH, Bogor - Pemkot Bogor siap menambah satu pasar bersih di wilayah Kecamatan Bogor Barat dengan menyulap pasar modern Bogor Center Poin (BCP), Kelurahan Cilendek Timur. Untuk mematangkan rencana itu, Wakil Wali Kota Bogor Dedie A Rachim bersama Perumda Pasar Pakuan Jaya (PPJ) Kota Bogor meninjau ke lokasi pada Senin (26/4/2021).

Dedie mengatakan, terkait dengan BCP atau pasar modern itu ternyata di Bogor Barat dengan 16 kelurahannya baru memiliki satu pasar di Pasar Gunung Batu dan termasuk pasar bersih modern. Jika nanti diaktivasi pasar Bersih BCP ini, masyarakat yang ada di lingkungan wilayah Yasmin, Semplak, Semeru, Bubulak dan Sindang Barang bisa memanfaatkannya.

"Mereka bisa berbelanja di pasar BCP, selama ini di Bogor Barat dari 16 kelurahan semua orang belanja ke pasar Anyar dan Bogor karana tidak ada pasar lain selain Gunung Batu," katanya.


Dedie melanjutkan, akan diaktivasi tahun ini pasar bersih itu, rencananya BCP berkolaborasi dengan Perumda Pasar Pakuan Jaya (PPJ) Kota Bogor. Mudah-mudahan daya tampung memadai sekitar 300 sampai 400 pedagang.

"Tukang sayur mayur dan juga daging juga lainnya. Yang sedang kami persiapkan fasilitas penunjang seperti perparkiran dan pengelolaan sampahnya, saluran air juga. Ada pusat UMKM dan IKM nantinya," tambahnya.

Dedie juga menerangkan, pasar bersih BCP ini juga bisa menjadi solusi untuk menampung pedagang kaki lima (PKL) yang berada di areal beberapa pasar Kota Bogor.

"Kami juga siap tampung atau akomodir pedagang yang selama ini di luar pasar, di sekitar pasar Anyar dan Presiden nanti akan di-list terutama yang belum memiliki kios. Nanti diatur keraja samanya dengan PPJ," terang Dedie.

Sementara itu, Direktur Operasional (Dirops) Perumda PPJ Kota Bogor Deni Aribowo mengatakan BCP bekerja sama dengan PPJ. Namun, bentuk kerja sama tersebut masih digodok bersama. 

"Seperti apa nanti akan dibahas lebih lanjut. Tapi kami mendorong agar terealisasi, untuk menambah pasar wilayah Bogor Barat. Berapa-berapanya juga bagi hasil belum di bicarakan. Karena ada beberapa fasilitas yang belum dilihat masih dalam pemetaan," pungkasnya. (Rizki Mauludi)