Penyerangan Graha Persib, Massa dari Balubur dan Dago

Penyerangan Graha Persib, Massa dari Balubur dan Dago



INILAH, Bandung - Graha Persib atau Kantor PT Persib Bandung Bermartabat (PBB) diserang. Kantor yang terletak di Jalan Sulanjana, Kota Bandung itu dilempari flare hingga batu pada, Minggu (25/4/2021) malam. 

Penyerangan terjadi usai Persib Bandung dikalahkan Persija Jakarta di leg kedua babak final Piala Menpora 2021 yang digelar di Stadion Manahan, Solo. Alhasil, tim berjulukan Maung Bandung itu gagal mendapatkan trofi juara. 

Luqman, petugas keamanan Graha Persib mengatakan pelemparan suar atau flare dan batu itu dilakukan oleh sekelompok orang. Jumlahnya mencapai puluhan orang.


"Massa datang dari arah Balubur sama datang dari arah Dago. Mereka berkumpul di sini (bahu jalan Graha Persib) lalu menyalakan flare. Lalu datang Polisi, terus bubar," kata Luqman. 

Tak lama berselang, beberapa kelompok kembali berdatangan dengan menggunakan sepeda motor. Bahkan jumlahnya lebih banyak dibandingkan dengan sebelumnya. 

"Jadi, ada dua kali. Yang pertama datang sekitar 30 motor. Kedua, sekitar 50 sampai ratusan lah. Mereka datang dari arah Balubur dan Dago. Mereka lempar flare ke arah cafe dan ke arah sana (Pintu masuk cafe)," katanya.

Senada diungkapan Dadan yang juga petugas keamanan Graha Persib. Menurutnya pelemparan tak hanya flare dan batu saja, namun juga botol plastik berisi air. 

"Massa tidak memakai atribut Persib, hanya berpakaian bebas seperti biasa. Yang pertama dibubarkan Polisi, langsung mundur. Beberapa menit kemudian, datang lagi lebih banyak. Langsung dipukul mundur Brimob," tambah Dadan. 

Pada laga tersebut Persib kalah dengan skor 1-2. Hasil ini membuat Persija berhak menyandang predikat juara dengan skor agregat 4-1. Sebab di leg pertama, Macan Kemayoran mengalahkan Persib 2-0.(Muhammad Ginanjar)