Cuaca Tak Menentu, Ketua Komisi V DPRD Jabar Minta Masyarakat Waspadai Pancaroba

Cuaca Tak Menentu, Ketua Komisi V DPRD Jabar Minta Masyarakat Waspadai Pancaroba
net



INILAH, Bandung – Ketua Komisi V Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Jawa Barat Dadang Kurniawan meminta masyarakat untuk mewaspadai anomali cuaca, selama musim pancaroba berlangsung hingga Mei mendatang.

Peralihan iklim dari musim hujan ke kemarau kata Dadang, berpotensi menimbulkan bencana seperti banjir dan puting beliung. Dia berharap, masyarakat dapat lebih awas khususnya bagi daerah rawan bencana guna meminimalisir korban jiwa. Terlebih Jawa Barat adalah salah satu provinsi yang masuk dalam kategori 10 besar daerah rawan bencana.

“Terjadinya perubahan cuaca yang tidak menentu ini saya harap dapat diwaspadai masyarakat. Sebab memang biasanya, ketika ada peralihan musim. Sering ada penghabisan, misal hujan besar. Ini yang harus kita waspadai, terutama bagi masyarakat yang tinggal di daerah rawan bencana. Mudah-mudahan kita bisa lalui masa ini dengan baik dan tidak ada lagi korban jiwa seperti kemarin-kemarin,” kata Dadang kepada INILAH, Minggu (25/4/2021).


Selain itu, anggota Fraksi Partai Gerindra Persatuan ini juga meminta kepada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jabar untuk bersiap, sebagai langkah penanggulan bencana yang dapat terjadi sewaktu-waktu. Dia pun berencana akan mengadakan pertemuan terbatas dengan instansi terkait, guna mempersiapkan kemungkinan yang bisa terjadi.

“Kita juga minta BPBD untuk siap, sebagai langkah penanggulangan. Mungkin dalam waktu dekat, kami akan melakukan rapat khusus dalam mengantisipasi kemungkinan tersebut. Khususnya persiapan terhadap daerah yang masuk dalam zona rawan bencana,” ucapnya. (Yuliantono)