Robert Alberts Akui Persija Layak Menang Atas Persib

Robert Alberts Akui Persija Layak Menang Atas Persib



INILAH, Sleman - Pelatih Persib Bandung, Robert Rene Alberts akui kekalahan timnya atas Persija Jakarta. Maung Bandung kalah dengan skor 2-0 di leg pertama babak final Piala Menpora 2021 yang digelar di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Yogyakarta, Kamis (22/4/2021). 

Dua gol Persija, masing-masing diciptakan Braif Fatari saat pertandingan baru memasuki detik ke-32. Sementara gol kedua dicetak Taufik Hidayat di menit ke-7. 

"Saya pikir Persija layak menang hari ini, mereka memulai dengan sangat agresif dan sangat cepat. Seakan kami belum siap, belum terbangun meskipun kami sebetulnya melakukan pendekatan pertandingan dengan normal," ungkap Robert usai pertandingan.


Pelatih asal Belanda ini menilai kemenangan yang telah ditorehkan karena Persija memiliki istirahat lebih lama dibandingkan timnya. Setidaknya satu hari lebih lama jelang menghadapi leg pertama ini. 

"Jadi mereka punya keuntungan dan dalam jadwal ketat di bulan Ramadan ini kami mencoba semampunya untuk melakukan recovery. Tapi seperti yang saya katakan, kami memulai dengan terlalu lambat. Dan satu-satunya penjelasan yang bisa saya berikan adalah kami tidak melakukan pemulihan sepenuhnya," tuturnya. 

Robert mengaku sudah berupaya agar timnya bisa bangkit dari dua gol cepat yang diciptakan Persija. Namun, beberapa upaya yang telah dilakukan tidak membuahkan gol. 

"Dan Persija tetap berbahaya dalam serangan balik, sedangkan itu tidak bisa kali lakukan. Hasilnya 2-0 dan kami melihat ke depan menghadapi laga berikutnya untuk bangkit dari kekalahan dua gol," katanya. 

Pelatih berusia 65 tahun ini akui timnya masih cukup mudah kebobolan dari umpan silang. Ini bahkan sudah terjadi di laga-laga sebelumnya. 

"Kami bereaksi khususnya di laga ini dengan lambat. Bek tengah dan gelandang tengah sangat lambat menyambut bola kedua di laga ini, tapi setelah itu mereka memperbaikinya. Saya pernah mengatakan ini turnamen setelah pemain tidak bermain selama satu tahun jadi bagi saya bukan itu poinnya. Poinnya adalah kami masih bermain satu laga lagi dan itu hal yang terpenting," jelasnya. 

Selain itu, lanjutnya, komunikasi antar pemain juga tidak terjalin dengan cukup baik. Sehingga beberapa kesalahan banyak dilakukan para pemainnya. 

"Dan selain tidak adanya kombinasi untuk membongkar pertahanan Persija, Persija juga memainkan pertahanan yang bagus. Tapi kami sudah mencoba memperbaiki untuk mencetak gol. Kali ini tidak ada peluang yang benar-benar berbahaya dan ke depan kami harus mengubah lagi dan mencoba mencetak gol lagi. Karena skor 2-0 masih sangat mungkin (dikejar)," pungkasnya.

Leg kedua nanti kedua tim akan bertanding di Stadion Manahan, Solo. Laga ini akan dihelat pada pukul 20.30 WIB, Minggu (25/4/2021).(Muhammad Ginanjar)