Pengakuan Anas, Pembantu Rasul Selama 9 Tahun

Pengakuan Anas, Pembantu Rasul Selama 9 Tahun
Ilustrasi/Net



ANAS bin Malik radhiallahu anhu, adalah diantara daftar pernah menjadi pembantu Nabi shallallahu alaihi wa sallam. Selama hampir 9 tahun lamanya, sejak di usia 10 tahun, beliau melayani Nabi shallallahu alaihi wa sallam. Berikut testimoni sahabat Anas:

Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam adalah orang yang paling baik akhlaknya. Suatu hari (sewaktu aku masih kanak-kanak), beliau menyuruhku untuk tugas tertentu. Aku bergumam: Aku tidak mau berangkat. Sementara batinku meneriakkan untuk berangkat menunaikan perintah Nabi Allah.

Aku pun berangkat, sehingga melewati gerombolan anak-anak yang sedang bermain di pasar. Aku pun bermain bersama mereka. Tiba-tiba Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam memegang tengkukku dari belakang. Aku lihat beliau, dan beliau tertawa. Beliau bersabda: "Hai Anas, berangkatlah seperti yang aku perintahkan." "Ya, saya pergi sekarang ya Rasulullah." Jawab Anas.


Beliau memberi kesan: Demi Allah, aku telah melayani Nabi shallallahu alaihi wa sallam selama 7 atau 9 tahun. Saya belum pernah sekalipun beliau berkomentar terhadap apa yang aku lakukan: "Mengapa kamu lakukan ini?", tidak juga beliau mengkritik: "Mengapa kamu tidak lakukan ini?" (HR. Muslim 2310 dan Abu Daud 4773).

Dalam cuplikan sejarah beliau yang lain, Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam sangat perhatian terhadap kebutuhan pembantunya. Bahkan sampai pada menyemangati untuk menikah.