Antisipasi Dampak Cuaca Ekstrem, Ini Fokus Pemkot Bandung

Antisipasi Dampak Cuaca Ekstrem, Ini Fokus Pemkot Bandung
Foto: Yogo Triastopo



INILAH, Bandung - Wali Kota Bandung Oded M Danial mengaku telah melakukan rapat dengan dinas terkait mengantisipasi dampak cuaca ekstrem yang tengah berlangsung. Pemkot Bandung menyiapkan beberapa skenario mengantisipasi dampak cuaca ekstrem.

"Kita paling tidak mempersiapkan. Di Kota Bandung beberapa aspek tentang fasilitas sungai dan sebagainya harus diperhatikan, khawatir kita," kata Oded di PMI Kota Bandung, Jalan Aceh, Kota Bandung, Jumat (16/4/2021).

Pemkot Bandung telah memperkirakan dampak cuaca ekstrem. Salah satunya banjir. Karena itu, pihaknya sudah menyiapkan skenario mengantisipasi dampak cuaca ekstrem yang masih terjadi. 


"Macam-macam kejadiannya dampak, sudah disiapkan insyallah dinas terkait sudah rapat dengan asisten dan sedang dikoordinasikan," ucapnya. 

Sementara itu, prakirawan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Bandung Muhammad Iid Mujtahid mengingatkan cuaca ekstrem masih akan terjadi dalam beberapa hari ke depan di musim pancaroba. Warga diimbau lebih waspada dan berhati-hati.

"Dalam beberapa hari ke depan masih perlu diwaspadai terhadap potensi cuaca ekstrem selama periode transisi," kata Iid. 

Menurutnya, masyarakat diimbau tetap meningkatkan kewaspadaan terhadap potensi bencana yang disebabkan hujan lebat disertai petir atau angin kencang dan angin puting beliung. 

"Saat ini beberapa wilayah di Jawa Barat masuk dalam periode transisi atau pancaroba," ucapnya. (Yogo Triastopo)