1.400 Balon Kades di Garut Ikuti Tes Urine BNNK Garut 

1.400 Balon Kades di Garut Ikuti Tes Urine BNNK Garut 
Foto: Maman Suharman



INILAH, Garut - Jelang pelaksanaan Pilkades serentak pada tahun ini, Badan  Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Garut menggelar tes urine bagi para bakal calon (balon) kepala desa (kades) peserta Pilkades 2021.

Pemeriksaan itu pun guna memastikan para peserta bebas dari penyalahgunaan narkotika dan obat-obatan terlarang (narkoba). Subkoordinator Rehabiltasi BNNK Garut Novi Nurani mengatakan, sejak dibuka pelayanan tes urine pada 9 April 2021 hingga Rabu (14/4/2021), ada sebanyak 430 balon kades menjalani tes urine.

Pelaksanaan tes urine direncanakan berlangsung hingga 20 April 2021 dengan total balon kades ditargetkan dites urine sebanyak 1.400 orang dari 217 desa di 40 kecamatan. 


Namun begitu, terdapat toleransi bagi balon kades berhalangan hadir dites urin pada rentang antara 9 hingga 20 April untuk bisa menjalani tes urine susulan pada 21 April. 

Pelaksanaan tes urine di kantor BNNK Garut Jalan Patriot dilakukan sesuai dengan protokol kesehatan. Di sana disediakan tempat mencuci tangan, handsanitizer, memakai masker, dan tempat duduk yang diberi jarak. 

"Dalam tes urine ini, BNNK Garut hanya melakukkan pelayanan tes. Sedangkan untuk alatnya peserta membeli sendiri dari apotek," kata Novi. 

Ditambahkan, pelayanan tes urine itu pun diperlukan untuk mendapatkan surat keterangan bebas narkoba sebagai salah satu persyaratan bagi balon kades peserta Pilkades. (Zainulmukhtar)