Roma vs Ajax, Serang Total!

Roma vs Ajax, Serang Total!
Striker Ajax Amsterdam Dusan Tadic. (Net)



TAK ada pilihan buat Ajax Amsterdam selain menyerang total dalam pertempuran leg kedua perempatfinal Europa League di kandang AS Roma, Jumat (16/4) dini hari WIB.

Ajax dipaksa takluk 1-2 saat menjamu Roma di kandang sendiri, pekan lalu. Mereka kini dalam posisi di ujung tanduk untuk lolos ke semifinal.

Ajax wajib setidaknya menang dengan selisih dua gol untuk lolos otomatis. Sebuah hal yang dianggap sedikit mustahil melihat betapa kokohnya lini pertahanan Roma.


"Kami tetap yakin karena tak ada yang tidak mungkin dalam sepak bola. Kami belajar dari kesalahan-kesalahan di pertandingan pertama dan sekarang kami lebih siap dari berbagai aspek," ujar bek Lisandro Martinez.

Martinez menyebut timnya akan berusaha memegang kendali serangan. Dia memang mengakui opsi menyerang total jadi pilihan paling realistis untuk mengejar defisit gol.

"Kami membuat banyak kesalahan sehingga harus menelan kekalah pada pertemuan pertama di Amsterdam, tetapi sebenarnya masih banyak sisi positif yang bisa diambil dari partai tersebut. Salah satunya, tentu kemampuan kami untuk terus menyerang di sepanjang laga. Semoga kali ini kami lebih beruntung," lanjutnya.

Satu hal terpenting yang wajib diwaspadai Ajax adalah tajamnya lini serang Roma yang dihuni tiga penyerang berkelas dunia. Edin Dzeko sebagai goal getter I Giallorossi tampak begitu berbahaya dengan sokongan dua penyernag lubang, Lorenzo Pellegrini dan Pedro.

"Kami akan menyerang tetapi kami juga akan mencari kesimbangan di lini belakang. Mereka punya pemain-pemain berbahaya dan itu sudah terbukti di pertemuan pertama lalu," tandas Martinez.

Sementara itu Pelatih Roma Paulo Fonseca menegaskan timnya sama sekali tak menganggap tiket semifinal sudah di depan mata. Dia sadar, skor 2-1 tidak membuat langkah Tim Serigala Ibu Kota menjadi lebih mudah.

“Pertandingan belum berakhir dan masih terbuka lebar. Namun, kemenangan ini sangat penting. Saya pikir tim menyadari jika berada di momen yang sulit dan bermain maksimal,” ujar Fonseca.

Fonseca berharap barisan pertahanan timnya mampu kembali meredam serangan berbahaya Ajax.

 “Kami harus bisa mengendalikan serangan Ajax, dan mereka adalah salah satu yang terbaik di Eropa. Paling penting, kami tak pernah menyerah dan bisa bereaksi,” pungkasnya. (bsf)