Unpad Buka Rekrutmen Dosen Lewat Program "High Quality Talent Lecturer", Ini Persyaratannya

Unpad Buka Rekrutmen Dosen Lewat Program "High Quality Talent Lecturer",  Ini Persyaratannya
Istimewa



INILAH, Bandung - Universitas Padjadjaran (Unpad) membuka rekrutmen dosen melalui program High Quality Talent Lecturer. Ada sejumlah persyaratan yang ditetapkan dalam rekrutmen dosen ini. Apa saja?

Direktur Sumber Daya Manusia Unpad Aulia Iskandarsyah, menjelaskan, rekrutmen dosen ini merupakan upaya untuk mewujudkan visi Unpad masuk 500 besar peringkat perguruan tinggi dunia pada 2024. Dari hasil analisis, untuk mewujudkan visi tersebut diperlukan sumber daya manusia yang andal dan unggul berkelas internasional.

“High Quality Talent Lecturer ini ditujukan untuk merekrut para dosen dengan talenta dan kualifikasi unggul sehingga akan menjadi akselerator proses Unpad menuju peringkat 500 dunia,” ujar Aulia, Kamis (15/4/2021).


Sebagai talenta berkualitas, maka ada sejumlah persyaratan yang wajib dipenuhi oleh pelamar. Aulia memaparkan, persyaratan tersebut antara lain berkualifikasi Doktor dari perguruan tinggi terekognisi internasional, memiliki setidaknya tiga publikasi internasional dalam tiga tahun terakhir, serta memiliki passion yang kuat dalam bidang pengajaran, penelitian, dan pembelajaran.

Persyaratan lainnya adalah batas usia maksimal adalah 45 tahun, serta memiliki kemampuan bahasa Inggris baik lisan maupun tulisan.

Aulia menekankan, kandidat wajib bergelar Doktor dari perguruan tinggi yang terekognisi internasional, baik perguruan tinggi dalam negeri maupun luar negeri yang sudah terekognisi di sistem World University Rankings.

“Ini bertujuan jika kita ingin berada di peringkat 500 besar, maka kita (Unpad) harus punya talenta yang World Class University juga,” terangnya.

Aulia melanjutkan, kandidat lulusan perguruan tinggi terekognisi internasional setidaknya memiliki pengalaman bagaimana menjalani pendidikan di kampus WCU. Diharapkan, pengalaman tersebut bisa dipraktikan langsung di Unpad.

Selain itu, kandidat juga didorong memiliki jejaring yang baik dengan universitas almamaternya maupun jejaring secara luas. Nantinya, kandidat juga akan menjadi katalis jejaring bagi Unpad.

Kandidat terpilih nantinya akan diberi alokasi skema riset spesifik. “Kita challenge bahwa Anda ini high quality, jadi harus punya riset spesifik dan punya publikasi internasional yang terbit di tahun pertama,” kata Aulia.

Rekrutmen dosen ini terbuka untuk semua bidang ilmu yang ada di Unpad. Aulia menjelaskan, Unpad menjaring sebanyak-banyaknya kandidat yang sesuai dengan persyaratan tersebut.

Rekrutmen High Quality Talent Lecturer dibuka hingga 31 Mei 2021. Peserta akan menjalani tiga seleksi utama, yaitu seleksi administrasi, seleksi portofolio publikasi, serta seleksi psikologi. Proses seleksi ditargetkan akan berjalan dalam 2 - 3 bulan.

“Dengan demikian, mulai tahun akademik baru, dosen sudah bisa mengajar,” kata Aulia.

Untuk mengajukan lamaran, pendaftar bisa melampirkan surat lamaran kerja, daftar riwayat hidup, salinan ijazah Doktor/Post Doctoral/sertifikat pelatihan, salinan KTP, dan dua surat rekomendasi dari dua promotor. Berkas lamaran bisa dikirim ke dir.sdm@unpad.ac.id. (Okky Adiana)