Reminder! Panjatkan Segala Keinginan dan Cita-cita di Waktu Berbuka Puasa, Insya Allah Mustajab!

Reminder! Panjatkan Segala Keinginan dan Cita-cita di Waktu Berbuka Puasa, Insya Allah Mustajab!
Ilustrasi/Net



Sekadar pengingat, jangan sampai terlewat untuk berdoa apapun di waktu berbuka puasa. Karena doa orang yang berpuasa Insya Allah mustajab.

Dari Abu Hurairah Radhiallahu anhu ia berkata, Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda, 

“Ada tiga golongan yang tidak ditolak doanya, orang berpuasa sampai berbuka, pemimpin yang adil dan orang yang dizalimi.” (Riwayat Ahmad, Tirmidzi dan Ibnu Majah).


Pertanyaannya, adakah waktu khusus untuk memanjatkan segala keinginan itu? Jawabannya ada, yakni ketika berbuka puasa. Itu dijelaskan nabi dalam hadist berikut:

"Sesungguhnya doa orang yang berpuasa ketika berbuka tidaklah tertolak." (HR. Ibnu Majah; hasan)

Jadi jangan terlewatkan untuk memanjatkan keinginan kepada Allah Ta'ala ketika berbuka puasa. Apapun. Entah itu rezeki, kesehatan ataupun ampunan. 

Tetapi sebelum itu, sebelum memanjatkan doa dengan bahasa sendiri, amalkan terlebih dahulu doa berbuka puasa sesuai sunnah Rasulullah shallalahu 'alaihi wa sallam ini:

Dari hadist Abu Dawud, secara lengkap berbunyi sebagai berikut: 

"Kami mendapat riwayat dari Abdullah bin Muhammad bin Yahya, yaitu Abu Muhammad, kami mendapat riwayat dari Ali bin Hasan, kami mendapat riwayat dari Husein bin Waqid. Kami mendapat riwayat dari Marwan, yaitu Bin Salim Al-Muqaffa‘, ia berkata bahwa aku melihat Ibnu Umar menggenggam jenggotnya, lalu memangkas sisanya. Ia berkata, Rasulullah bila berbuka puasa membaca, 

‘Dzahabaz zhama’u wabtallatil ‘urûqu wa tsabatal ajru, insyâ Allah’,” (H.R. Abu Dawud).

Artinya: "Hilanglah rasa haus dan basahlah urat-urat (badan) dan insya Allah mendapatkan pahala.