Yuk, Peduli Sampah Rumah Tangga di Masa Pandemi

Yuk, Peduli Sampah Rumah Tangga di Masa Pandemi
istimewa



INILAH, Bandung - Di masa pandemi Covid-19, semua kegiatan belajar yang biasanya dilakukan mahasiswa, sekarang berpindah ke dalam rumah.

Melihat hal tersebut, sejumlah mahasiswa yang tergabung dalam Himpunan Mahasiswa Teknik Lingkungan (HMTL) Fakultas Teknik (FT) Universitas Pasundan (Unpas) menggelar webinar dengan tema “Yuk Bijak Kelola Sampah di Rumah Selama Pandemi Covid-19” via Zoom Meeting.

Sampah merupakan material sisa yang tidak diinginkan setelah berakhirnya suatu proses. Sampah didefinisikan oleh manusia menurut derajat keterpakaiannya, dalam proses-proses alam sebenarnya tidak ada konsep sampah, yang ada hanya produk-produk yang dihasilkan setelah dan selama proses alam tersebut berlangsung.

Akan tetapi karena dalam kehidupan manusia didefinisikan konsep lingkungan maka sampah dapat dibagi menurut jenis-jenisnya.

Ketua Pelaksana, Dimas Ajji Purnama Ardi menyampaikan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk menambah wawasan dan kesadaran tentang pentingnya mengelola sampah rumah tangga, serta menyuarakan dan mengajak untuk mulai bijak mengelola sampah rumah tangga di masa pandemi.

“Peserta antusias dalam mengikuti webinar ini. Hal ini nampak dari banyak yang menanyakan pertanyaan yang beragam dan dinilai bagus bagi pemateri,” ujar Dimas, Rabu (14/4/2021).

Dimas menambahkan bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat sekali bagi masyarakat luas. Terlebih di masa pandemi timbulan sampah menumpuk di rumah. Sehingga kesadaran masyarakat terhadap lingkungan harus dimulai dari sekarang.

“Melalui acara ini bisa menjadi gerbang untuk peduli lingkungan sekitar dalam skala rumah tangga. Karena di acara ini dibahas bagaimana bijak mengelola sampah rumah tangga, memilah dan memanfaatkan sampah, bagaimana sampah medis seperti masker diolah dengan baik,” paparnya.

Dia berharap bahwa para peserta dapat mengamalkan ilmu-ilmu yang didapat dari seminar dengan berkelanjutan. Sehingga esensi dari acara ini dapat terwujud dikemudian hari. Terlebih untuk masyarakat Bandung untuk mulai ikut berpartisipasi dalam salah satu program wali kota Bandung yaitu “kang Pisman” yang tujuannya selaras dengan kegiatan ini.

“Langkah selanjutnya Himpunan Teknik Lingkungan Unpas akan terus mengadakan kegiatan-kegiatan bertemakan lingkungan yang lebih menarik lagi. Terutama pengelolaan dan pengolahan sampah ke masyarakat seperti webinar ini,” pungkasnya. (Okky Adiana)