Zyrex Dukung Gernas BBI Perbanyak TKDN hingga 43 Persen

Zyrex Dukung Gernas BBI Perbanyak TKDN hingga 43 Persen
Ilustrasi (antara)



INILAH, Bandung - Perintis industri komputer lokal Zyrex menyatakan turut serta mendukung program pemerintah untuk meningkatkan pemakaian produk dalam negeri melalui Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) dengan memperbanyak TKDN hingga 43 persen.

Direktur Utama PT. Zyrexindo Mandiri Buana, Timothy Siddik dalam keterangannya, Selasa, mengatakan pihaknya berupaya menyambut dukungan pemerintah terhadap pemakaian produk dalam negeri melalui gerakan nasional #BanggaBuatanIndonesia maupun peraturan-peraturan yang dikeluarkan.

“Kami sebagai produsen komputer dan laptop lokal sudah berupaya untuk meningkatkan nilai Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) dan Bobot Manfaat Perusahaan (BMP) sebesar 40-43 persen,” katanya.


Dengan nilai tersebut, produk diharapkan menjadi produk wajib untuk digunakan oleh lembaga negara, kementerian, lembaga pemerintah nonkementerian, dan lembaga pemerintah lainnya.

Itu berdasarkan Peraturan Presiden nomor 12 tahun 2021, Pasal 66 dan Pasal 67 yang menyatakan bahwa produk dengan nilai TKDN minimal 25 persen mendapatkan insentif berupa preferensi harga sebesar 25 persen dalam perhitungan Hasil Evaluasi Akhir (HEA).

“Kami sangat berharap upaya ini mampu memberikan kontribusi lebih besar terhadap negara,” katanya.

Pihaknya juga mendukung kegiatan belajar-mengajar siswa di masa pandemi dengan menyediakan perangkat yang mendukung pembelajaran siswa-siswi di Indonesia.

Sebelumnya, perusahaan itu telah meluncurkan Program #siswaTOP (Satu Siswa, Satu Laptop) untuk memudahkan siswa-siswi Indonesia memiliki laptop.

Dalam mendukung pembelajaran siswa-siswi tersebut pihaknya kemudian menambah variasi produk, yaitu Zyrex Chromebook.

“Kami menyediakan varian Google Chromebook untuk siswa-siswi Indonesia, dengan tipe Zyrex Chromebook M432 dan Zyrex Chromebook 360 agar bisa menjadi pilihan dan ikut mencerdaskan anak bangsa,” kata Timothy Siddik.

Zyrex Chromebook M432 merupakan perangkat laptop ringan berukuran layar 11,6 inchi menggunakan Intel processor terkini.

Tipe ini merupakan perangkat laptop dengan layar yang bisa ditekuk sampai 360 derajat dan sudah dilengkapi dengan layar sentuh, menjadikan laptop ini mudah digunakan untuk belajar dan berkreasi.

Melalui kehadiran dua seri ini pihaknya berharap dapat turut berpartisipasi dalam kemajuan dan peningkatan kualitas anak bangsa, sekaligus meningkatkan kreativitas para siswa walaupun melalui pembelajaran jarak jauh. (antara)