Kekuatan Komunitas UMKM Alumni Hadirkan Outlet di Mal

Kekuatan Komunitas UMKM Alumni Hadirkan Outlet di Mal
istimewa



INILAH, Bandung - Komunitas UMKM Alumni melebarkan sayap bisnisnya. Usai membuka gerai Cafe Lupba 1 di Gedung Kadin Kota Bandung, kini Cafe Lupba 2 hadir di BTC Fashion Mall.

Ketua Perkumpulan Bumi Alumni (PBA) Ary Zulfikar sebagai motor organisasi mengatakan pembukaan outlet itu merupakan gerak cepat dari program yang berhubungan dengan pemberdayaan UMKM. Dia mengaku, dalam usianya yang baru satu tahun itu UMKM Bumi Alumni dan PBA sudah membuka dua outlet. 

Menurutnya, inisiatif pemberdayaan pelaku UMKM ini diawali dengan keinginan untuk membantu alumni Unpad yang memiliki kegiatan usaha berskala mikro dan menengah untuk mempunyai kemandirian secara finansial dan mampu bersaing dengan pelaku usaha besar lainnya. Komunitas UMKM Alumni Unpad di platform digital. Sejumlah produk yang ditampilan melalui proses kurasi Dewi Tenty.


UMKM Alumni dengan basis komunitas ini kemudian membentuk Koperasi UMKM Alumni Indonesia (Kuali) dan kemudian berkembang dengan pembentukan PBA. Kegiatan UMKM Alumni daikuinya belajar dari banyaknya merek besar yang menutup usahanya karena krisis ekonomi dalam situasi pandemi.

“Kekuatan bisnis yang berbasis komunitas mampu bertahan di tengah badai  krisis. Dengan komunitas, membangun spirit kebersamaan dan saling membeli produk di antara teman,” kata Ary, akhir pekan lalu. 

Sementara itu, inisiator merek kolektif Lupba Dewi Tenty mengatakan dalam pembinaan UMKM itu dimulai dari persiapan bahan hingga penjualan harus dilakukan dengan konsisten.

“Di Indonesia, konsistensi adalah satu hal yang luxury. Konsisten dalam membina produktifitas adalah hal yang dibutuhkan para pelaku UMKM. Dalam membina UMKM, dimulai dari pembangunan mental pelakunya, menumbuhkan brand confidence hingga menaikkan minat beli pembeli produk UMKM,” kata perempuan yang akrab disapa Dete itu.

Dia menjelaskan, dalam satu tahun perjalanan bisnis komunitas itu tiga brand berhak mendapatkan sertifikat Asian Productivity Organization (APO). Ketiga anggota UMKM Alumni itu mendapatkan pengakuan atas prestasinya mengikuti pelatihan berskala Internasional. Ketiga produk itu Coffee Mangaraja, Sankimo Urinoir Bag, dan Bakcoseuhah. 

Dete menyebutkan, Cafe Lupba ini juga didukung BIG Group. BOC BIG Group Candra Tambayong selaku BTC Fashion Mall mengatakan, dengan adanya Cafe Lupba 2 itu merupakan hal yang luar biasa dan layak dijadikan contoh. 

“Menyadari situasi bisnis yang sedang sulit, terobosan yang dilakukan UMKM Alumni PBA ini bisa memberikan angin segar terhadap perkembangan ekonomi. Ini memberikan dukungan penuh terhadap usaha bisnis UMKM Alumni,” ucap Chandra. (*)