Sandiaga Uno Jadikan Wisata Lokal Alternatif

Sandiaga Uno Jadikan Wisata Lokal Alternatif
istimewa



INILAH, Jakarta - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno menjelaskan larangan mudik harus disikapi dengan baik.

Dia mengungkapkan hal tersebut berpengaruh dengan kunjungan wisata. Namun, jika dilihat lebih dalam, mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta tersebut adanya reposisi.

Dia mengatakan sampai saat ini belum ada larangan operasional destinasi wisata di masa libur lebaran dari pemerintah.


Untuk itu Menparekraf mendorong pelaku usaha pariwisata dan ekonomi kreatif untuk memaksimalkan persiapan terutama dalam menerapkan protokol kesehatan yang ketat dan disiplin termasuk crowd management.

"Saya melihatnya akan ada reposisi, destinasi wisata lokal akan mendapatkan kunjungan karena banyak masyarakat yang tidak bisa ke kampung halaman, mereka akhirnya menghabiskan libur lebaran dalam bingkai PPKM skala mikro dengan protokol kesehatan yang ketat dan disiplin," kata Sandiaga, saat Weekly Press Briefing yang dilakukan secara hybrid dari Gedung Sapta Pesona, Senin (12/4/2021)

Masih menurutnya, keputusan larangan mudik lebaran harus disikapi dengan penuh tanggung jawab oleh seluruh elemen masyarakat, pelaku usaha, untuk beradaptasi dan bekerja sama dengan Pemda dan Satgas COVID-19 setempat untuk memaksimalkan protokol kesehatan dan pelayanan di destinasi.

"Seperti kapasitas yang dikurangi, adaptasi digital, adaptasi seperti inilah yang perlu dilakukan," kata Sandiaga.

Kemenparekraf/Baparekraf dikatakannya akan berkoordinasi dengan Pemda dan pihak-pihak terkait lainnya untuk turut serta melakukan pemantauan dan pengawasan. (inilah.com)