Ini Pesan Kang DS Menghadapi Teroris

Ini Pesan Kang DS Menghadapi Teroris
Foto: Dani R Nugraha



INILAH, Bandung - Bupati Bandung terpilih Dadang Supriatna angkat bicara soal gencarnya aksi terorisme meresahkan masyarakat Indonesia, termasuk masyarakat Kabupaten Bandung. 

"Kami turut prihatin dengan peristiwa penangkapan teroris di beberapa kecamatan di kabupaten Bandung seperti halnya kemarin di Cangkuang," kata Dadang saat peresmian Masjid Al-Furqon di Kecamatan Arjasari, Jumat (9/2021).

Pria yang akrab disapa Kang DS ini menilai dampak perilaku teror ini salah satunya dengan berguru kepada dunia digital. Ia berpesan kepada warga Arjasari untuk bisa memanfaatkan dunia digital secara baik jangan sampai terjebak untuk berguru kepada dunia digital salah satunya YouTube dengan ceramah yang tidak jelas.


"Nah ini fasilitas ibadah sudah dibangun di desa Cimanis. Saya berpesan kepada seluruh warga untuk memanfaatkan masjid ini untuk tetap berguru kepada alim ulama yang ada di sini, jangan kepada Google," ujarnya. 

Kang DS khawatir, ketika dunia digital bisa berdampak dalam kehidupan beragama kini. Ia menilai salah kaprah atas tafsir jihad itu bahaya sehingga ia mencontohkan bahwa seorang perempuan menerobos Mabes Polri dengan membawa senjata. 

"Itu tindakan salah kaprah terkait jihad. Padahal, jihad yang tak kalah lebih penting itu berbakti kepada orang tua," katanya.

Kang DS juga mengajak untuk seluruh warga sekaligus pemerintahan desa untuk mengaktifkan lagi Siskamling untuk mengatasi teroris. Ia mengajak untuk tetap waspada terhadap orang asing yang datang ke daerah agar dimonitoring. 

"Waktu saya masih kecil aktivitas Siskamling gencar oleh warga maupun Linmas. Nah, saya pun berpesan agar Siskamling dapat atasi teroris di tingkat desa. Baik RT maupun RW dan pihak aparat penegak hukum harus memonitor orang yang tidak kenal/asing,l. Saya mengajak seluruh warga untuk kompak. Gejala teroris ini tidak kelihatan tapi nyata," ujarnya. (Dani R Nugraha)