Percepat Penanganan Masalah Sosial dan Kemanusiaan, Baznas Jabar Berkolaborasi dengan JQR

Percepat Penanganan Masalah Sosial dan Kemanusiaan, Baznas Jabar Berkolaborasi dengan JQR
Istimewa



INILAH, Bandung - Pemerintah Provinsi Jawa Barat terus berinovasi dalam percepatan penanganan masalah sosial dan kemanusiaan di Jawa Barat. Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil membuat terobosan kolaborasi antara Baznas Provinsi Jawa Barat dengan Jabar Quick Response (JQR).

Kolaborasi antar lembaga plat merah itu diresmikan dalam pertemuan antara Ridwan Kamil, Baznas Jabar dan JQR. Hadir dalam undangan tersebut Ketua Baznas Provinsi Jawa Barat Anang Jauharudin beserta jajaran dan Ketua Umum Jabar Quick Response Bambang Trenggono. Dalam pertemuan tersebut

Gubernur Jawa Barat menyampaikan bahwa, JQR merupakan unit kerja yang dibentuk langsung dengan tujuan mempercepat penyelesaian aduan dari masyarakat Jawa Barat, melalui pola sinergi dan kolaborasi semua pihak, baik dari unsur pemerintahan maupun luar pemerintah.


"Melalui kolaborasi dan komitmen bersama Baznas Jabar ini, harapannya akan timbul percepatan respons dalam penanganan dan pendistribusian bantuan kepada masyarakat yang membutuhkan, yang pada akhirnya nilai kebermanfaatan dari Baznas Jabar maupun JQR bisa dirasakan oleh masyarakat yang membutuhkan pertolongan secara menyeluruh di Jawa Barat," ujar Emil sapaan akra Ridwan Kamil, Jumat (9/5/21).

Selain percepatan respons, lanjut Emil, kolaborasi antara JQR dan Baznas Jabar juga diharapkan dapat meningkatkan dana himpunan zakat melalui kampanye edukasi bersama terhadap masyarakat juga membangun kesadaran warga akan manfaat zakat bagi pembangunan masyarakat.

Salah satu program yang rencananya akan dilakukan bersama JQR dan Baznas adalah sosialisasi bersama program “Jabar Bageur” atau infaq digital yang bisa diakses oleh masyarakat yang ingin turut serta membantu masyarakat lain yang membutuhkan. Dalam kesempatan itu, Emil juga mengamanatkan agar proses pendistribusian bantuan dilaksanakan dengan transparan, akuntabel dan tepat sasaran.

"Yang paling penting saya harap, kolaborasi ini dapat dirasakan manfaatnya secara nyata oleh masyarakat luas," pungkasnya. (Okky Adiana)