323 Siswa-Siswi SD 1 Darul Hikam Bandung Mengikuti Exibiton Eksul Virtual

323 Siswa-Siswi SD 1 Darul Hikam Bandung Mengikuti Exibiton Eksul Virtual
istimewa



INILAH, Bandung - Pembinaan minat dan bakat melalui ekstrakurikuler (ekskul) merupakan program penting dalam pendidikan. Keterbatasan kesempatan untuk bertemu secara tatap muka menjadi tantangan tersendiri dalam pelaksanaan ekstrakurikuler di masa pandemi Covid-19.

Kegiatan ekskul virtual dilakukan secara interaktif melalui video conference dan bersifat pilihan bagi peserta didik yang berminat. Melihat hal tersebut, SD 1 Darul Hikam Bandung dari kelas I sampai dengan kelas V menggelar Exibiton Eksul Virtual. Beberapa ekskul yang diselenggarakan secara virtual diantaranya Melukis, Menulis, Procode dan Robotik.

"Ada sekitar 323 siswa-siswi yang mengikuti kegiatan ini. Dimana dalam kegiatan ini, kami menampilkan beberapa hasil karya anak-anak selama kurang lebih satu tahun dan mereka mengikuti kegiatan ekskul virtual," kata Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan Darul Hikam Tintin Sugianti, Kamis (8/4/2021).


Selain menampilkan hasil karya anak kata Tintin, para pelatih ekskul juga memilih 3 siswa-siswi terbaik di masing-masing grup ekskul tersebut.

Sebagai contoh, dia memaparkan, ekskul melukis anak-anak setiap pekannya sudah dibuatkan jadwal oleh pelatih. Misalnya tema hari ini, tentang alam, binatang, bagunan dan lain sebainya.

"Mereka luar biasa, anak-anak antusias dalam mengikutinya. Memang mereka diajarin dari nol, mulai dari teknik melukis sampai mereka bisa membuat lukisan dan mewarnai dengan baik," imbuh Tintin.

Dia menambahkan, tujuan dari kegiatan ini merupakan salah satu pihak sekolah memberikan apresiasi kepada siswa-siswi. Mereka sebenarnya sudah mengikuti kegiatan ekskul virtual ini dengan penuh semangat, bahkan ekskul ini dinanti-nanti di setiap pekannya. Selain itu, bisa jadi ini menjadi ajang refresing untuk siswa-siswi. Selain kegiatan pembelajaran jarak jauh (PJJ) yang luar biasa padat, mereka bisa hadir dalam kegiatan ini.

"Jadi pembagian ekskulnya itu untuk ekskul melukis kelas I dan II saja. Kemudian Procode dari kelas I sampai kelas V, selain itu Robotic I sampai kelas V dan menulis kelas IV dan V," ucapnya.

Dia berharap, seluruh guru dan orang tua siswa di SD 1 Darul Hikam pada dasarnya anak-anak mempunyai bakat masing-masing dan, di ekskul ini mudah-mudahan sedikit bisa membantu tergalinya potensi mereka yang selama ini barangkali mereka punya potensi di bidang tersebut, cuma kurang tersalurkan.

"Mudah-mudahan ini bisa memfasilitasi potensi-potensi yang memang selama ini mereka miliki dan harapannya bisa dikembangkan," pungkas Tintin. (Okky Adiana)