KPK Eksekusi Rachmat Yasin ke Sukamiskin

KPK Eksekusi Rachmat Yasin ke Sukamiskin
istimewa



INILAH, Bandung- Tim jaksa Komisi Pemberantasan Korupsi (KPk) akhirnya mengeksekusi mantan Bupati Bogor Rachmay Yasin ke Lapas Sukamiskin Bandung. Eksekusi dilakukan setelah ada keputusan inkracht terhadap vonis Rachmat Yasin. 

 

Plt Jubir dan Penindakan KPK Ali Fikri menyebutkan eksekusi dilakukan untuk melaksanakan  putusan PN Tipikor pada PN Bandung Kelas IA Khusus Nomor : 75/Pid.Sus-TPK/2020/PN. Bdg tanggal 22 Maret 2021 dengan cara memasukkan terpidana ke Lapas Sukamiskin. 


 

"Eksekusi dilakukan kemarin (Rabu). Dia akan menjalani pidana penjara selama 2 tahun dan 8 bulan dikurangi selama berada dalam tahanan," katanya dalam keterangannya, Kamis (8/4/2021). 

 

Di pengadilan tingkat pertama Rachmat Yasin telah dinyatakan terbukti bersalah melakukan tindak pidana korupsi yang dilakukan secara berlanjut. Dia dijatuhi hukuman penjara selama 2 tahun dan delapan bulan, dan ataa putusan terasebut Rachmat langsung menerimanya. 

 

Tak hanya itu, Ali menyebutkan, dalam putusannya majelis juga mewajibkan terpidana untuk membayar pidana denda sejumlah Rp200 juta dengan ketentuan apabila denda tersebut tidak dibayar maka akan diganti dengan pidana kurungan selama 2 bulan.

 

"Terpidana sebelumnya telah setor uang sejumlah Rp9.786.223.000,00 ke rekening penampungan KPK dan uang tersebut itetapkan majelis hakim sebagai pembayaran uang pengganti terpidana yang akan disetorkan pada kas negara," ujarnya. (ahmad sayuti)