Review realme 8 Pro: Kamera Wah, Fitur Lebih Mewah

Review realme 8 Pro: Kamera Wah, Fitur Lebih Mewah
istimewa



KOMPETISI antar smartphone kelas menengah di Indonesia bak sebuah palagan yang disesaki oleh produk dengan diferensiasi yang sulit dibedakan oleh konsumen. Harga ataukah spesifikasi yang harus menjadi patokannya.

Di segmen ini, produsen smartphone berhadapan dengan konsumen yang memiliki ekspektasi bahwa uang yang mereka bayarkan haruslah diganjar oleh perangkat dengan spesifikasi terbaik. Pertimbangan ini bisa menggeser loyalitas terhadap satu merek.

realme 8 series adalah jawaban dari realme untuk palagan di segmen menengah smartphone tanah air. Dengan harga kisaran Rp 3-4 jutaan, mereka menawarkan smartphone dengan tawaran yang dianggap bisa memikat calon konsumennya yakni pengguna muda seperti kamera 108MP dan pengisian daya 50W SuperDart Charge yang biasanya disediakan untuk smartphone kelas atas.


Segmen smartphone kelas menengah belakangan memang telah mengalami perubahan yang signifikan. Selain mendapatkan semua fitur dasar yang lengkap, smartphone dalam kategori ini sering kali menghadirkan fitur premium.

Smartphone kelas menengah garapan realme pun terus mengalami sederet peningkatan yang signifikan dalam kurun waktu setahun ke belakang. Bukan hanya soal performa yang semakin kencang, realme secara perlahan memboyong satu per satu fitur canggih dari seri flagship ke kelas menengah.

Seolah ingin melampaui kesuksesan generasi pendahulunya, hadir dengan slogan 108MP. Capture Infinity." realme 8 Pro dinarasikan sebagai The Best 108MP camera phone with stylish design dengan penawaran yang lebih komplit. Seperti apa perubahan dan kelebihannya? Berikut review realme 8 Pro yang mengulas secara lengkap dari berbagai sektor.


Desain

Melalui keluarga realme 8 Series, realme melakukan perubahan dari segi desain. Tampilan eksterior realme 8 Pro terlihat cukup berbeda dibanding seri sebelumnya.

IMG-20210108-090717

realme menyebut bahasa desain di seri 8 ini sebagai Infinite Bold Design yang menggunakan teknologi pemrosesan AG-Crystal. Proses AG yang merupakan favorit pada teknologi bagian belakang smartphone, mengukir tekstur mikro dengan bentuk prismatik polihedral pada butiran berbentuk bola dengan teknologi ukiran laser dengan 3D.

IMG-20210108-091304

Karenanya, bagian belakang smartphone menampilkan tekstur kristal mineral alami, yaitu glossy dan matte, kasar dan halus, indah dan halus. Jika Anda mendekat dan memperhatikan dengan cermat, Anda akan melihat langit berbintang yang terdiri dari butiran-butiran kecil padat, yang seperti mimpi dan futuristik - seolah-olah kita memegang langit berbintang di tangan Anda.

IMG-20210108-090858

Selain itu, bagian belakangnya bertuliskan 'Dare to Leap' -yang merupakan slogan realme - terpampang di atasnya dengan huruf kapital yang agak besar, mungkin desain ini dianggap norak oleh beberapa orang, sementara yang lain mungkin menganggapnya tampilannya membuat ini terlihat makin eye-catching. Untuk lebih melindungi dari kotoran dan debu, realme juga memberikan paketan case transparan pada paket penjualannya.

Satu yang membuatnya betah berlama-lama dengan realme 8 pro adalah smartphone ini terasa mantap saat dipegang. Baik itu digunakan untuk fungsi sehari-hari maupun bermain game. Dimensinya (160.6 x 73.9 x 8.1 mm) lebih kecil jika dibandingkan dengan realme 7 pro. Begitu juga bobotnya (176 gram) yang terasa ringan saat digenggam.

IMG-20210108-091312

Pada sisi sebelah kanan akan ditemukan tombol volume naik dan turun serta tombol power. Pada sisi kanannya terdapat dual slot nano SIM dengan slot microSD. Untuk bagian bawahnya, ditemukan port audio 3,5 mm, microphone, slot USB-C, dan speaker. Dan di bagian belakang akan ditemukan empat kamera menonjol dan sebuah LED flash yang tergabung pada satu kotak di bagian kiri atas. Berkat ukurannya, dan lokasi tombol, realme 8 Pro terasa nyaman digunakan dengan satu tangan.


Layar

Smartphone ini memiliki layar Super AMOLED 6,4 inci dengan resolusi Full HD+. Sudah cukup dipahami teknologi tampilan LED Organik (OLED) memiliki keunggulan inheren dibandingkan LCD. Dimana layar LCD mengandalkan beberapa lusin zona peredupan berbasis LED, setiap piksel dalam OLED menghasilkan cahayanya sendiri. Hasilnya, smartphone ini mendapatkan warna hitam pekat dan rasio kontras yang sangat tinggi.

IMG-20210108-091257

Satu-satunya area di mana OLED biasanya tertinggal layar LCD adalah kecerahan. Namun, realme telah melakukan pekerjaan yang luar biasa untuk meningkatkannya di realme8 Pro. Perusahaan mengklaim kecerahan puncak mencapai 1000 nits. Meskipun kami tidak dapat memverifikasi klaim tersebut, Pengalaman menggunakan perangkat ini oleh INILAHCOM menunjukkan kesan yang apa adanya, layar tersebut mempertahankan keterbacaannya di bawah terik matahari musim panas. Fitur kecerahan otomatis kadang tidak menentu, jadi sebaiknya dilakukan perubahan kecerahan layar secara manual.

IMG-20210108-091714

realme telah menyetel panel untuk tingkat pengambilan sampel sentuh hingga 180Hz. Tentu Ini dapat membantu urusan dalam bermain game ketika dihadapkan refleks dari animasi game yang cepat. Kecepatan refresh layar realme 8 Pro hanya mencapai 60Hz. Meskipun kami lebih suka melihat panel dengan kecepatan refresh yang tinggi, tapi kami masih memahami bahwa pabrikan mungkin perlu mengambil jalan pintas untuk menjaga harga smartphone tetap terkendali. Dan Kami senang realme telah memutuskan untuk lebih memprioritaskan layar AMOLED daripada LCD dengan kecepatan refresh yang tinggi.

Tak lupa layar ini juga mendukung pembaca sidik jari dibawah layar, serta fungsi peredupan seperti DC dan Mode Pelindung Mata yang berfungsi mengatur tingkat pencahayaan dengan menyaring cahaya biru sehingga mata lebih sehat dan tak cepat lelah walaupun menatap layar smartphone dalam waktu lama.


Sistem Operasi

realme 8 Pro berjalan pada OS Android 11 dengan sentuhan realmeUI versi 2.0, user interface-nya dirancang lebih simpel, mudah digunakan dan tetap mengutamakan konsep kustomisasi yang menjadi andalan versi sebelumnya. Beragam cara disediakan realme untuk mengoperasikan realme 8 Pro.

Pada homescreen misalnya, cara dasarnya adalah cukup usap dari bawah ke atas untuk menampilkan menu utama dan usap dari atas ke bawah untuk membuka jendela notifikasi. Tampilan ini juga mendukung lebih dari 100 item yang dapat disesuaikan. Ini termasuk Warna Tema Global, 3 Gaya Mode Gelap, Kustomisasi Ikon dan banyak lagi fitur menarik dan berguna.

Beberapa peningkatan juga didesain mulai dari perisai Keamanan. realme UI 2.0 memiliki fitur akses tersembunyi yang bisa mencegah aplikasi mengakses informasi pribadi. Dengan fitur tersebut, sistem akan memberikan data kosong secara otomatis jika diminta oleh aplikasi. Pengguna juga akan bisa menyembunyikan aplikasi dan dokumen rahasia agar tidak diakses orang lain.

Yang menarik juga adanya realme UI 2.0 bisa menghadirkan realme 8 Pro dengan fitur always-on display (AOD) yang menampilkan jam digital, jam analog, tulisan dan gambar, tulisan dan pola custom.


Performa

Untuk urusan performa, realme masih menggunakan prosesor Snapdragon 720G yang sama dengan dua pendahulunya sebelumnya. Chipset ini masih dianggap sebagai salah satu opsi tercepat di antara SoC 4G, bahkan ketika mempertimbangkan prosesor andalan yang lebih tua, dan memiliki kekuatan pemrosesan yang cukup untuk menangani permainan serta penggunaan sehari-hari dengan RAM LPDDR4X 8GB dan storage internal UFS 2.1 sebesar 128GB kombinasi yang sudah tidak lagi terlihat wah di kelasnya, tapi pastinya tetap mampu memberikan kinerja yang mulus untuk berbagai kebutuhan, termasuk gaming.

IMG-20210108-091512

Sejauh pengujian kami, performa realme 8 Pro sesuai ekspektasi. Penggunaan standar sehari-hari terasa gesit dan belum pernah kami temui kendala yang berarti. Untuk gaming pun menyenangkan. Kami mencoba memainkan beberapa judul populer seperti COD Mobile, Asphalt 9, dan Genshin Impact seperti yang bisa disaksikan dalam video dibawah.

Dengan keseluruhan hasil pengujian performa untuk realme 8 Pro, baik dari benchmark maupun gaming, smartphone ini sudah cukup memadai untuk mengakomodir kebutuhan pengguna di kelas menengah.

Photo-Grid-Plus-1617616846822

Multitasking cukup lancar, dan untuk kebutuhan gaming, bermain game-game kelas menengah seperti COD dan Asphalt 9 sudah mampu berjalan di 60FPS dengan stabil. Sedangkan untuk game dengan grafis tinggi seperti Genshin Impact, realme 8 Pro mampu menjalankannya di kisaran 50FPS.


Kamera

realme 8 Pro bukanlah smartphone kelas menengah pertama yang menggunakan sensor Samsung HM2 108MP, tetapi jelas ini merupakan yang pertama dari realme. Teknologi penangkapannya menggunakan teknik 9: 1 piksel binning dimana untuk menghasilkan bidikan dari gabungan 12MP yang detail dan meningkatkan kualitas gambar di bawah cahaya redup.

Terdapat juga pilihan langsung untuk memotret dalam 108MP, namun bersiaplah untuk berkorban dalam ukuran filenya yang lumayan besar dikisaran 30MB. Hasil jepretan dimuat dengan detail sekaligus menjaga kebisingan tetap terkendali.

IMG-20210108-090845

realme 8 Pro membawa serangkaian fitur fotografi yang membuat pengalaman memotret menjadi tanpa batas dengan dua highlight utama dari kameranya, yaitu 108MP Infinite Clarity Camera dan Fun Features seperti Tilt-shift Time-lapse Video & Foto, Starry Time-lapse Video & Foto, Neon Portrait, Dynamic Bokeh, Dual-view Video New Super Nightscape Mode, Ultra Nightscape Video.

Sensor utama juga unggul dalam kondisi cahaya rendah. Diperlukan beberapa detik untuk memproses gambar dalam mode 'malam', tetapi hasilnya luar biasa untuk perangkat kelas menengah. Seperti yang dapat Anda lihat dari sampel di bawah, Anda dapat mencapai pencahayaan berbeda dengan mengetuk titik fokus yang berbeda. Jika Anda menginginkan lebih banyak kendali, ada mode 'Pro' yang bisa menyesuaikan ISO, kecepatan rana, keseimbangan putih, fokus, dll.

IMG-20210406-131400

Selain itu fungsi Sensor 108MP yang baru dan ditingkatkan dalam realme 8 Pro hadir dengan fitur pertama di dunia tilt-shift time-lapse video dari sebuah smartphone dan starry time-lapse video dari smartphone yang juga pertama di dunia.

Tilt-shift time-lapse video dapat mengubah dunia nyata menjadi miniatur. Misalnya Anda berada di gedung di pusat kota, lalu Anda mengarahkan kamera ke hamparan pemandangan hutan beton dan mengaktifkan mode tilt-shift time-lapse video selama 1 jam misalnya. Hasilnya, Anda seolah sedang melihat miniatur kota lengkap dengan efek buram yang dapat diatur juga.

Super Nightscape terbaru juga siap menangani foto di lingkungan malam, sedangkan mode tilt-shift biasa digunakan untuk memotret miniatur agar terlihat nyata atau sebaliknya, membuat objek nyata agar terlihat layaknya miniatur.

Fitur foto portrait baru yang diadopsi realme 8 Pro bernama Dynamic Bokeh. Gunakan Bokeh Dinamis untuk menyorot subjek Anda dengan latar belakang yang bergerak-gerak, menciptakan kesan gerakan yang menarik. Bukan hanya buram, namun dengan tambahan efek bergerak.

Beralih ke kamera depan, kamera selfie 16MP cukup bagus dalam menangkap warna dan detail. Dalam mode potret, realme 8 Pro melakukan pekerjaan yang baik dalam memisahkan orang yang fokus dari latar belakang. Ini menghasilkan gambar yang cerah, yang akhirnya tampak menarik dalam beberapa kasus, tetapi itu masih lebih baik daripada bidikan dengan pencahayaan buruk.

Pada hasil tangkapan gambar yang INILAHCOM lakukan, smartphone ini cukup mumpuni digunakan untuk berbagai situasi dan kondisi, baik itu untuk foto bokeh, low-light, dan selfie semuanya tampak baik dan kontras yang terjaga. Tak mengherankan jika kamera resolusi 108MP realme 8 Pro ini juga bisa dicetak dengan ukuran besar tanpa mengurangi detail foto sehingga bisa memecahkan rekor MURI (Museum Rekor Dunia Indonesia) baru ini.

Urusan video smartphone ini mendukung perekaman video hingga 4K pada 60fps dengan sensor utama. Lensa sudut lebar dibatasi pada Full HD. Sama seperti dalam fotografi diam, Anda sebagian besar ingin tetap menggunakan sensor utama untuk merekam video. Dalam hal hasil, video terlihat bagus, tetapi UIS berbasis perangkat lunak realme tidak banyak membantu menstabilkan video.

realme telah menjejali banyak fitur untuk mereka yang suka bereksperimen. Mode "AI Color Portrait" mendeteksi manusia dan menyorot mereka dengan mengubah segala sesuatu di sekitarnya menjadi monokrom. Ini adalah konsep yang menarik, ada pula fitur pendukung seperti Ultra Steady Video, Ultra Steady Max, Ultra Nightscape Video, Bokeh Video, dan masih banyak lagi.

Kami cukup terkesan akan banyaknya fitur kamera yang dihadirkan realme di seri angka tahun 2021 ini. Banyak fitur kamera yang akan memanjakan anak muda untuk berkreasi di sosial media.

Berikut hasil jepretan kamera realme 8 Pro:

AI (auto)

IMG20210404155437

IMG20210404152549

IMG20210404155925

IMG20210401133153

IMG20210405123034

IMG20210405095943

Ultra Makro

IMG20210404115227

Dynamic Bokeh

IMG20210404142643

Filter

IMG20210404155350

IMG20210405123241

IMG20210404160734

 

108 MP

Photo-Grid-Plus-1617613318468

Photo-Grid-Plus-1617613660626

Mode Malam

IMG20210405193434

IMG20210405192612

IMG20210405194822

IMG20210405120056

 

 

Kamera depan

Photo-Grid-Plus-1617690440880

 

 

Baterai

Tidak bisa dipungkiri bahwa realme adalah juaranya urusan menawarkan pengisian cepat untuk smartphone terjangkau, jadi dengan adanya teknologi 50W SuperDart Charge bukanlah sebuah kejutan besar, meskipun masih disambut baik.

Berkapasitas 4.500mAh dengan sistem pengisian daya 50W SuperDart, dapat melibas dengan mudah pemakaian intensif seharian penuh. Dengan screen on-time sekitar 4,5 jam, itu sudah termasuk panggilan konferensi video 90 menit. Tahan seharian, isi dayanya pun sangat singkat, membuat realme 8 Pro sangat nyaman untuk digunakan.

Photo-Grid-Plus-1617691643288

Pengalaman INILAHCOM menggunakan 50W SuperDart Charge, dari 10% baterai 4500mAh dapat diisi hingga 100% dalam kisaran 45 menit. Dan hanya dalam 20 menit, dapat mengisi hampir 50% baterai.

Memanfaatkan teknologi pompa pengisian tegangan tinggi, 50W SuperDart Charge mewujudkan efisiensi daya pengisian 97% dan mendukung Perlindungan Pengisian 5 Dimensi.


Fitur Lain

Beberapa fitur yang tentu penting seperti konektivitas yang tersedia antara lain 4G LTE, WiFi 5 (802.11 a/b/g/n/ac), Bluetooth 5.0. NFC? Tentu saja sudah tersedia. realme memang berkomitmen untuk menghadirkan fitur NFC di seri ini sebagai jawaban atas permintaan konsumen khusus di Indonesia.

Untuk yang doyan streaming macam Netflix, realme 8 Pro sudah mendukung Widevine L1 dengan maksimal resolusi hingga FullHD. Dukungan lainnya untuk kebutuhan entertainment pengguna, yaitu tersedia audio berkualitas tinggi untuk menghasilkan suara yang lebih megah.

IMG-20210108-090924

Sensornya juga sudah lengkap, ada Accelerometer, Gyro, Proximity Sensor, Light Sensor, Magnetic Induction Sensor dan lain-lain. Sementara untuk fitur otentikasi biometriknya terdapat fingerprint (in-display) dan face unlock.

Untuk garansi realme 8 Pro, realme menyertakan 18 bulan garansi mesin dan tambahan 6 bulan garansi khusus layar. Suatu hal yang baru kami temui di jajaran smartphone realme.

 

Infografis

Realme-8-Pro

 


Kesimpulan

realme tampak cukup berbenah di keluarga realme 8, termasuk di realme 8 Pro ini. Beberapa hal yang menjadi kekurangan di produk kelas menengah mereka dari keluarga realme 6, realme 7 diperbaiki di smartphone baru ini. Bisa dikatakan, smartphone ini menjadi senjata baru yang membuat realme bisa menjadi pesaing yang sangat diperhatikan di palagan kelas menengah, terutama di kelas smartphone dengan harga sekitar Rp 4 jutaan.

Kamera menjadi andalan di realme 8 Pro, sederet fitur menarik dihadirkan untuk memanjakan pengguna. Diibalut dengan desain belakang yang sepenuhnya baru bagi realme, serta performa yang andal dan pengisian daya cepat "rasa" kelas atas, bisa dikatakan smartphone ini merupakan salah satu yang terbaik di kelas menengah.realme 8 pro bisa didapatkan di JD.id dan situs resmi realme. (inilah.com)