Hadapi Babak Delapan Besar Piala Menpora 2021, Persib Siapkan 20 Pemain 

Hadapi Babak Delapan Besar Piala Menpora 2021, Persib Siapkan 20 Pemain 
istimewa



INILAH, Bandung - Persib Bandung akhirnya kembali menjalani latihan. Ini merupakan latihan perdana usai menjalani fase grup Piala Menpora 2021. 

Pelatih Persib, Robert Rene Alberts mengatakan semestinya timnya memulai latihan pada Selasa (6/4/2021) kemarin. Namun, hal itu batal terlaksana karena sebagain besar pemain, pelatih dan ofisial harus menjalani vaksinasi Covid-19 dosis kedua. 

"Sebagian besar pemain lokal mendapat vaksin kecuali mereka yang sudah terpapar Covid-19 sebelumnya mereka harus menunggu hingga tiga bulan. Dan untuk orang asing, karena kami tidak terdaftar sebagai orang lokal di Bandung maka kami mendapat vaksin dari yang diberikan oleh pihak turnamen jadi kami menunda latihan kemarin," ujar Robert usai memimpin sesi latihan di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Gedebage, Kota Bandung, Rabu (7/4/2021). 


Pelatih asal Belanda ini merasa jadwal latihan yang digelar ini cukup tepat. Selain agar para pemainnya bisa menikmati istirahat, beberapa keperluan juga bisa diselesaikan dengan baik. 

"Seperti pemain baru, dia harus mencari akomodasi, membuka rekening bank, banyak hal yang harus dilakukan pemain," katanya. 

Dengan alasan itu, Robert hanya memberikan program latihan ringan di sesi latihannya kali ini. Tujuannya hanya ingin melihat reaksi dari tubuh masing-masing pemain, terutama usai mendapatkan vaksin Covid-19 dosis kedua. 

"Dan besok pagi baru kami akan melihat kemungkinan siapa yang akan bermain di Sleman dan kami akan membawa 20 pemain ke Sleman. Dua kiper, 18 pemain dan 10 ofisial," bebernya. 

Saat ini, Robert mengaku masih menunggu calon lawan yang akan dihadapi timnya di babak delapan besar Piala Menpora 2021. Termasuk venue yang dipilih untuk mempertandingkan jawara grup D dan runnerup grup C itu. 

"Kami baru akan tahu hasil dari pertandingan grup C di malam ini dan siapa yang akan menjadi lawan kami. Dan juga dimana stadion yang akan menjadi venue," tuturnya.

Karena itu, Robert akan mengatur keberangkatan timnya pada Kamis (8/4/2021). Diharapkan bisa berjalan aman dan lancar seperti saat menjalani fase grup D, beberapa waktu lalu. 

"Tentu tidak mudah bagi klub merancang ini dan juga tentu harganya mahal. Jadi kami harus melakukan pertimbangan terhadap banyak faktor. Jadi kami akan pergi ke perempat final dengan 20 pemain dan 10 ofisial," tegasnya. 

Jika Persib lolos ke babak semifinal, maka Robert akan memboyong pemain dan ofisial yang ditinggalkan di Bandung. Namun, itu juga, lanjutnya, tergantung dari anggaran yang tersedia. 

"Karena ini tidak murah untuk klub membawa semua pemain ke sana, tapi ini permintaan kami, jadi ini keinginan saya seluruh bagian dari tim bersama-sama dari semifinal hingga seterusnya," pungkasnya. (Muhammad Ginanjar)