Pemkab Ciamis Siapkan Bantuan untuk Pembudidaya Ikan

Pemkab Ciamis Siapkan Bantuan untuk Pembudidaya Ikan
Ilustrasi/Antara Foto



INILAH, Ciamis- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ciamis, Jawa Barat menyiapkan anggaran untuk membantu masyarakat yang memiliki keinginan kuat mengembangkan usaha budidaya ikan sehingga bisa mendongkrak perekonomian masyarakat.

"Pemerintah Kabupaten Ciamis akan terus berupaya membantu masyarakat yang ingin melakukan peternakan ikan sesuai dengan kemampuan keuangan daerah yang ada," kata Wakil Bupati Ciamis Yana D Putra saat menghadiri kegiatan panen raya ikan nila nirwana di Desa Purwasari, Kecamatan Banjarsari, Ciamis, Minggu (4/4).

Ia menuturkan Pemkab Ciamis melalui Dinas Peternakan dan Perikanan terus berupaya untuk membantu masyarakat pembudidaya ikan agar bisa produktif dan berkembang usahanya.


Masyarakat yang telah menunjukkan keberhasilannya, kata Yana, yaitu kelompok binaan ikan nila Karang Taruna Desa Purwasari sehingga layak diapresiasi karena telah mampu melakukan panen raya ikan nila.

"Ciamis adalah kabupaten agraria murni, kita mesti bersyukur pada Allah SWT karena telah dianugerahi sumber daya alam yang sangat luar biasa," kata Yana.

Ia menyampaikan masyarakat yang memanfaatkan potensi alam dengan bertani, berternak, maupun budidaya ikan merupakan bentuk mendukung pemerintah dalam mewujudkan visi misi Kabupaten Ciamis.

Menurut dia upaya mewujudkan visi misi Kabupaten Ciamis membutuhkan kerja sama semua pihak, salah satunya ada keinginan dari diri masyarakat untuk mau maju membangun Ciamis di berbagai bidang.

"Paling tidak masyarakat ada keinginan untuk maju dan hal ini telah dibuktikan oleh rekan-rekan Karang Taruna Purwasari," katanya.

Ketua Karang Taruna Desa Purwasari Muvid Rida Ardi menambahkan, kelompok binaan ini lahir karena keinginan yang kuat para pemuda desa dalam membudidayakan ikan meskipun dalam keterbatasannya.

"Awal mula kita swadaya, sehingga dalam prosesnya pun terdapat banyak sekali kendala, seperti banjir dan sebagainya, hingga kemudian kami mendapat bantuan dari Dinas Peternakan dan Perikanan," kata Muvid.***1***